PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X.5 DI SMA NEGERI 2 UNGARAN
Novi Rosdiana Fatimah , 1301404049 (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X.5 DI SMA NEGERI 2 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X.5 DI SMA NEGERI 2 UNGARAN)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di SMA N 2 Ungaran, bahwa ada sebagian siswa yang dalam mengambil keputusan kurang mampu melihat fakta atau permasalahan yang dihadapi dan cenderung terpengaruh oleh teman-temannya, kecewa dan putus asa ketika keputusan yang dibuat tidak sesuai harapan, bahkan seringkali keadaanlah yang memaksa mereka mengambil keputusan. Hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa siswa yang kurang mampu mengambil keputusan dengan tepat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan pengambilan keputusan sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dan untuk mengetahui kemampuan pengambilan keputusan dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment, dengan desain penelitian menggunakan per-test dan post-test group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.5 SMA N 2 Ungaran. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik Purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala pengambilan keputusan. Adapun, metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji wilcoxon. Hasil penelitian yang diperoleh, tingkat pengambilan keputusan sebelum diberi layanan bimbingan kelompok tergolong dalam kategori sedang dengan skor rata-rata presentase 63.81 %. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok, tingkat pengambilan keputusan mengalami peningkatan sebesar 8.19 % menjadi 72 % termask dalam kategori tinggi. Dari hasil perhitungan Uji Wilcoxon diperoleh Z hitung = - 3. 062 pada taraf signifikan 5% dan N = 12 di dapat Ztabel sebesar 002. Dengan demikian nilai Zhitung = -3.062 > Ztabel = 0.002, harga ini menyimpulkan bahwa pengambilan keputusan dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu bahwa kemampuan pengambilan keputusan dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Merujuk dari hasil penelitian tersebut diharapkan konselor dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dengan memanfaatkan layanan bimbingan kelompok.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengambilan Keputusan, Bimbingan Kelompok |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 24 Aug 2011 01:50 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3703 |
Actions (login required)
View Item |