IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN PETA MENGENAI KENAMPAKAN DAN KEKAYAAN ALAM WILAYAH INDONESIA MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY 3D


Wahyu Adhi Windiyantono , 5302414082 (2019) IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN PETA MENGENAI KENAMPAKAN DAN KEKAYAAN ALAM WILAYAH INDONESIA MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY 3D. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN PETA MENGENAI KENAMPAKAN DAN KEKAYAAN ALAM WILAYAH INDONESIA MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY 3D]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN PETA MENGENAI KENAMPAKAN DAN KEKAYAAN ALAM WILAYAH INDONESIA MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY 3D) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peralatan serta inovasi media dalam proses pembelajaran bagi siswa kelas lima mengenai materi Kenampakan dan Kekayaan Alam Wilayah Indonesia pada SD Islam Imama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran dengan mengimplementasikan teknologi virtual reality. Selain itu juga untuk mengukur kelayakan media dengan malakukan validasi kepada ahli serta mengetahui respon siswa terhadap aplikasi yang dikembangkan. Manfaat penelitian ini diharapkan siswa memperoleh cara pembelajaran baru yang lebih modern serta mudah dipahami. Metode yang digunakan adalah waterfall untuk dilaksanakan di SD Islam Imama kepada sejumlah 34 siswa. Adapun teknik pengambilan data menggunakan skala likert dalam berbentuk kuesioner. Dengan melakukan validasi kelayakan aplikasi terhadap ahli media dan materi serta melakukan pengujian respon pengguna. Aplikasi yang dihasilkan menggunakan game engine Unity ini dijalankan pada sebuah perangkat berupa smartphone berbasis Android, serta diintegrasikan dengan VR headset dan bluetooth remote controller. Hasil yang diperoleh menunjukkan aplikasi sudah layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Skor dari ahli media mendapatkan 88,75% sedangkan oleh ahli materi 81,53%. Hasil pengujian terhadap siswa sebesar 81,96% skor ini menunjukkan minat siswa menggunakan aplikasi ini sangat antusias dan bermanfaat bagi proses pemahaman siswa terhadap materi yang lebih mudah dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: android, media pembelajaran, kenampakan dan kekayaan alam, virtual reality, VR headset.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Jun 2020 12:03
Last Modified: 24 Jun 2020 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36960

Actions (login required)

View Item View Item