MEDIA KARTU BANGUN RUANG MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK KELAS 6 SEKOLAH DASAR
Ulya Nafiah , 5302414079 (2019) MEDIA KARTU BANGUN RUANG MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK KELAS 6 SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (MEDIA KARTU BANGUN RUANG MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK KELAS 6 SEKOLAH DASAR)
- Published Version
Download (991kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan aplikasi dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa kelas 6 Sekolah Dasar Negeri Sekaran 02 Kota Semarang dan kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika materi bangun ruang. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui cara membangun aplikasi, mengetahui kelayakan aplikasi dan mengetahui minat siswa setelah belajar menggunakan aplikasi “MEKAR Bangun Ruang”. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Langkah penelitian untuk mencapai tujuan penelitian meliputi: pengembangan aplikasi menggunakan model waterfall, validasi media dan materi, dan implementasi aplikasi kepada siswa kelas 6 SD. Minat siswa menggunakan aplikasi dianalisis dengan Skala Likert. Berdasarkan uji validitas aplikasi termasuk dalam kategori sangat layak, dengan presentase validitas media dan materi yaitu 97,50% dan 99,46%. Minat siswa belajar materi bangun ruang dengan aplikasi memperoleh hasil presentase sebesar 88,15% dengan kategori sangat layak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi “MEKAR Bangun Ruang” sangat layak untuk diimplementasikan pada pembelajaran materi bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Bangun Ruang, Media Pembelajaran Android, Research And Development, Minat Siswa |
Subjects: | T Technology > Information and Computer |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 12:00 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 12:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36959 |
Actions (login required)
View Item |