PENGARUH ICE BREAKING UNTUK MENGEMBANGKAN ASPEK INTERPERSONAL DI LEMBAGA PAUD
MAWARI MELATI ALMAS SANIY, 0103515043 (2020) PENGARUH ICE BREAKING UNTUK MENGEMBANGKAN ASPEK INTERPERSONAL DI LEMBAGA PAUD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Saniy, Mawari Melati Almas. 2020. Pengaruh Ice Breaking untuk Mengembangkan Aspek Interpersonal di Lembaga PAUD. Tesis. Pendidikan Luar Sekolah, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Hartono, M.Pd. Pembimbing II: Prof. Dr. Sarwi, M.Si Kata Kunci: Ice Breaking, aspek interpersonal. Setiap anak mempunyai berbagai aspek yang siap untuk dikembangkan. Namun aspek yang dimiliki anak tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya, terutama aspek interpersonal. Padahal aspek interpersonal sangat diperlukan dalam membangun hubungan positif dengan orang lain. Aspek interpersonal dapat disimulasi atau dirangsang melalui kegiatan Ice Breaking. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kegiatan Ice Breaking terhadap peningkatkan aspek interpersonal pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasy eksperimen). Populasi dalam penelitian adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun berjumlah 40 anak dari dua sekolah yaitu PAUD Karakter Pelangi Nusantara Kecamatan Gunungpati dan RA Pelangi Nusantara 02 Kecamatan Gayamsari. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk untuk melihat gejala keaktifan anak didik yang tampak dalam sikap dan tingkah laku yang bisa diamati menggunakan ceklist. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan interpersonal anak usia dini sebelum dan setelah dilakukan kegiatan Ice Breaking. Nilai pretest aspek interpersonal anak usia dini pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki nilai probabilitas sebesar 0,000 > 0.05. Sedangkan nilai postest aspek interpersonal anak usia dini pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0.05. Peningkatan aspek interpersonal anak usia dini sebelum dan setelah dilakukan kegiatan Ice Breaking sebesar 72,34%. Kegiatan Ice Breaking efektif dalam meningkatkan aspek interpersonal anak usia dini. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan Ice Breaking terhadap aspek interpersonal anak usia dini di lembaga PAUD. Sehingga disarankan bagi guru dapat menerapkan kegiatan Ice Breaking untuk meningkatkan aspek interpersonal anak usia dini. Selain itu, diharapkan ada penelitian lanjutan yang berkaitan dengan penelitian ini untuk melihat pengaruh Ice Breaking terhadap aspek perkembangan yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ice Breaking, aspek interpersonal. |
Subjects: | L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 19:08 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 19:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36947 |
Actions (login required)
View Item |