ANALISIS MIKROSEISMIK DENGAN PENDEKATAN GROUND SHEAR STRAIN UNTUK MIKROZONASI POTENSI LONGSOR DI DELIKSARI SUKOREJO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Trian Slamet Julianti, 4211413028 (2018) ANALISIS MIKROSEISMIK DENGAN PENDEKATAN GROUND SHEAR STRAIN UNTUK MIKROZONASI POTENSI LONGSOR DI DELIKSARI SUKOREJO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211413028.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mikroseismik merupakan getaran harmonik tanah yang terjadi secara terus menerus dengan frekuensi yang rendah. Hasil pengukuran mikroseismik dapat digunakan untuk memperkirakan karakteristik lapisan tanah yang berpengaruh terhadap indeks kerentanan dan percepatan tanah yang menggambarkan tingkat kerentanan lapisan tanah terhadap deformasi tanah yang menjadi salah satu penyebab tanah longsor. Kota Semarang merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah yang sedang berkembang, akan tetapi beberapa daerah rawan terhadap tanah longsor. 7 dari 16 kecamatan di Kota semarang memliki titik-titik rawan longsor salah satunya adalah Deliksari Sukorejo Kecamatan Gungpati Kota Semarang. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk membuat mikrozonasi potensi longsor yang dapat digunakan untuk meminimalisir dampak tanah longsor dengan dijadikan pertimbangan pengembangan tataruang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan seismometer 3 komponen pada 20 titik dengan jarak antar titik 50 m. Prosesing data dilakukan dengan metode HVSR. Data yang diperoleh berupa nilai perbandingan spektral horizontal terhadap vertikal (H/V), frekuensi dominan dan amplifikasi. Nilai frekuensi natural dan amplifikasi dapat digunakan untuk menentukan nilai ketebalan lapisan sedimen, kerentanan gempa,percepatan tanah maksimum dan nilai GSS. Berdasarkan hasil penelitian nilai GSS di Deliksari Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang berkisar antara 1,49 x 10-5 – 5,16 x 10-4 γ. Sedangkan kawasan yang berpotensi mengalami pergerakan tanah berada pada titik TA4, TA8, TA9, TA18 dan TA20.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Longsor, Mikroseismik, HVSR, Ground Shear Strain.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QP Physiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 22 Jun 2020 15:39
Last Modified: 22 Jun 2020 15:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36944

Actions (login required)

View Item View Item