PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPS) DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI


Erni Sri Purnami, 4201412080 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPS) DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412080.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA menuntut peserta didik mampu mengomunikasikan pengetahuannya sebelum menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi juga menjadi salah satu nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan teknik probing prompting. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design. Pengambilan data dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Data kemampuan komunikasi diperoleh melalui metode observasi. Sedangkan data pemahaman konsep diperoleh melalui metode tes. Peningkatan kemampuan komunikasi dihitung dengan menggunakan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran CUPs dengan teknik probing prompting. Kemampuan komunikasi peserta didik setelah diberi perlakuan meningkat sebesar 0,454 yang berada pada kategori sedang. Pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan sebesar 0,480 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CUPs dengan teknik probing prompting dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Conceptual Understanding Procedures (CUPs), probing prompting, kemampuan komunikasi.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jun 2020 18:59
Last Modified: 18 Jun 2020 18:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36921

Actions (login required)

View Item View Item