Perilaku Mahasiswa Bidik Misi Dalam Membeli Buku Kuliah
Putri Wulandari, - and Heri Yanto, Pasca Manajemen Pendidikan and Amin Pujiati, - (2016) Perilaku Mahasiswa Bidik Misi Dalam Membeli Buku Kuliah. Journal of Economic Education, 5 (2). pp. 122-133. ISSN 2301-7341
Preview |
PDF
Download (394kB) | Preview |
Preview |
PDF (Perilaku Mahasiswa Bidik Misi Dalam Membeli Buku Kuliah)
- Published Version
Download (346kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan bukti empiris dari perilaku mahasiswa bidikmisi dalam membeli buku kuliah.Dengan menggunakan pendekatan campuran stra egiembedded congruent, hasil analisis kuantitatif menemukan bahwa factor pribadi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi sekitar 26%. Faktor informasi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi. Faktor pribadi berpengaruh terhadap sikap berperilaku sekitar 24%. Faktor informasi berpengaruh terhadap control perilaku yang dipersepsi sekitar 23%. Sikap berperilaku berpengaruh terhadap niat sekitar 18%. Norma subjektif berpengaruh terhadap niat sebesar 19%. Kontrol perilaku yang dipersepsi berpengaruh terhadap niat.Niat berpengaruh terhadap perilaku konsumsi. Kontrol perilaku yang dipersepsi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi sebesar 17%.Sikap berperilaku tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Norma subjektif tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Kontrol perilaku yang dipersepsi tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Faktor pribadi tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Faktor informasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Analisis kualitatif menemukan bahwa pengaruh paling besar mahasiswa bidikmisi melakukan atau tidak melakukan pembelian buku karena alasanp restasi. Hasil kualitatif sejalan dengan hasil analisis kuantitatif. Mahasiswa bidikmisi harus melakukan pembelian buku dengan lebih bijak agar dana beasiswa teralokasi dengan efisien.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Consumer behavior; Intention; Perrceived behavioral control;TPB |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 14:41 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 14:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36902 |
Actions (login required)
View Item |