SISTEM REKAPITULASI DOKUMEN UNTUK PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH DASAR
Agung Nur Wicaksono , 5302412119 (2019) SISTEM REKAPITULASI DOKUMEN UNTUK PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (SISTEM REKAPITULASI DOKUMEN UNTUK PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH DASAR)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Menghadapi visitasi asesor akreditasi sekolah bukan suatu hal yang mudah bagi tim guru dikarenakan jumlah dokumen untuk menjawab seluruh butir penilaian sangat banyak. Kebutuhan akan informasi sangat dibutuhkan untuk merekap dokumen sebagai bukti pelaksaana standar nasional pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem yang mampu merekap dokumen dan menjawab seluruh pernyataan pada borang akreditasi sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang diadaptasi dari model pengembangan System Development Life Cyrcle dengan tahapan Planning, Analysis, Design, Implementation, Testing dan Maintenance. Sistem penilaian akreditasi dilakukan dengan penambahan file library excel reader untuk membaca inputan data file excel selanjutnya diolah dan disimpan ke dalam database. Pengujian sistem meliputi uji black box, uji pengguna dan uji performa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan sistem adalah 93,3%. Melalui sistem memprediksi skor akreditasi yang diperoleh sekolah sebesar 83 sedangkan dalam kenyataannya mendapat skor 81 saat visitasi. Saran dari peneliti adalah meninjau jumlah guru dan pegawai sehingga presentase untuk penilaian komponen akreditasi pada standar pendidik dan tenaga kependidikan menjadi tepat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rekapitulasi, Penilaian, Akreditasi, Sekolah, Excel |
Subjects: | T Technology > Information and Computer |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 13:43 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 13:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36882 |
Actions (login required)
View Item |