Implementasi Model Reciprocal Teaching Berbantuan “Economics Module” Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dan Aktivitas Siswa Kompetensi Dasar Pasar Modal


Eka Aisyatul Ulya, - and Heri Yanto, Pasca Manajemen Pendidikan (2016) Implementasi Model Reciprocal Teaching Berbantuan “Economics Module” Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dan Aktivitas Siswa Kompetensi Dasar Pasar Modal. Economic Education Analysis Journal, 5 (1). pp. 170-180. ISSN 2252-6544

[thumbnail of Implementasi_Modal_Reciprocal_Teaching_Berbanyuan_“Economics_Module”_dlm_Meningkatkan_hsl_Belajar_Ekonomi_&_Aktivitas_Siswa_Kompetensi_dsr_Pasar_Modal.pdf]
Preview
PDF
Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Review_Implementasi_Modal_Reciprocal_Teaching_Berbanyuan_“Economics_Module”_dlm_Meningkatkan_hsl_Belajar_Ekonomi_&_Aktivitas_Siswa_Kompetensi_dsr_Pasar_Modal.pdf]
Preview
PDF
Download (208kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Implementasi model Reciprocal Teaching berbantuan “Economics Module” dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi dan hasil belajar ekonomi lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Serta implementasi model Reciprocal Teaching berbantuan “Economics Module” dapat meningkatkan aktivitas siswa dan aktivitas siswa lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model konvensional.Penelitian ini menggunakanTrue experimental design. Populasinya adalahsiswa kelas XIIIS di SMA Negeri 3 Demak tahun pelajaran 2014/2015, yang terdiri dari 5 kelas sebanyak 182 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakanpurposive sampling yang kemudian didapat sampel kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu dengan tesdan observasi.Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-tets, uji H2 menggunakan independent sample t-test, pengujian H3 menggunakan uji paired sample t-tets danuji H4 menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan modelReciprocal Teaching berbantuan “Economics Module” dilihat dari rata-rata nilaipost-test kelas eksperimen sebesar 86,1 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 80. Terdapat peningkatan pada aktivitas siswa setelah perlakuan model Reciprocal Teaching berbantuan “Economics Module” dilihat dari total nilai rata-rata pada pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir pada kelas eksperimen sebesar 59,29 lebih tinggi dibandingkan total nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 39,43. Saran dari penelitian ini diharapkan agar guru ekonomi menerapkan modelReciprocal Teaching berbantuan Economics Module karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada kompetensi dasar pasar modal dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran ekonomi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Students Activity, Turned Learning Model (Reciprocal Teaching), Learning Module (Economics Module), Capital Marke
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 18 Jun 2020 13:11
Last Modified: 18 Jun 2020 13:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36866

Actions (login required)

View Item View Item