Kontribusi Motivasi Berprestasi, IPK dan Student Engagement dalam Membangun Kompetensi Mahasiswa Akuntansi
Muhammad Rosikhul Ulum , - and Heri Yanto, Pasca Manajemen Pendidikan and Widiyanto, - (2017) Kontribusi Motivasi Berprestasi, IPK dan Student Engagement dalam Membangun Kompetensi Mahasiswa Akuntansi. Journal of Economic Education, 6 (2). pp. 106-113. ISSN 2301-7341
Preview |
PDF
Download (324kB) | Preview |
Preview |
PDF (Kontribusi Motivasi Berprestasi, IPK dan Student Engagement dalam Membangun Kompetensi Mahasiswa Akuntansi)
- Published Version
Download (356kB) | Preview |
Abstract
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) bertujuan untuk mewujudkan sebuah kawasan pasar bebas yang berdaya saing tinggi yang akan terintegrasi dengan perekonomian global. Salah satu kesepakatan yang disetujui dalam pasar bebas ini adalah kesepakatan dalam bidang jasa akuntansi yang tertuang dalam Mutual Recognition Agreement (MRA). Untuk itu, peningkatan kompetensi bagi lulusan akuntansi harus dilaksanakan lebih intensif agar para akuntan dapat bersaing di tingkat regional dan internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi motivasi berprestasi, IPK, keterlibatan mahasiswa dalam PKL dan mata kuliah praktek dalam membangun kompetensi mahasiswa akuntansi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan melakukan analisa pengaruh kausalitas antar variabel menggunakan alat analisis jalur (path analysis). Variabel motivasi berprestasi tidak berpengaruh terhadap IPK. Secara keseluruhan variabel motivasi berprestasi, IPK, keterlibatan mahasiswa dalam PKL dan mata kuliah praktek berpengaruh signifikan terhadap kompetensi mahasiswa akuntansi UNNES.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Achievement motivation, competency of accounting , GPA, student engagement |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 19:31 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 19:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36864 |
Actions (login required)
View Item |