PENGEMBANGAN MODEL KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIFITAS VERBAL SISWA MTs DI KABUPATEN KUDUS”


MUHAMMAD JAMILLUDIN, 0105516062 (2020) PENGEMBANGAN MODEL KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIFITAS VERBAL SISWA MTs DI KABUPATEN KUDUS”. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_MUHAMMAD_JAMILLUDIN.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Muhammad Jamilludin, 2020. “Pengembangan Model Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mereduksi Perilaku Agresifitas Verbal Siswa MTs”. Pascasarjana. Universitas Negri Semarang. Pembimbing 1. Prof. Dr. DYP sugiharto, M. Pd., Kons., II. Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. Kata Kunci : Konseling kelompok, behavior contract, agresifitas verbal Perilaku agresifitas verbal adalah perilaku yang dilakukan bertujuan untuk melukai seseorang dengan menggunakan lisan atau perkatan. Sehingga hal tersebut dapat menghambat perilaku sosial sesorang terhadap teman utamanya dikalangan sekolah. Maka diperlukan tingkat agresifitas verbal yang rendah agar tidak menghambat prestasi belajar maupun bidang sosial siswa. Model konseling kelompok dengan teknik behavior contract dapat efektif mereduksi perilaku agresifitas verbal. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa panduan model layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract yang dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan perilaku agresifitas verbal. Penelitian ini menggunakan metode reseach and development dengan uji efektifitas one group pretest- posttes. Uji ahli dilakukan oleh 2 pakar keilmuan sedangkan uji praktisi dilakukan oleh 5 orang. Dilakukan pada pada siswa MTs Kabupaten Kudus. Dengan menggunakan 3 sampel sekolahan. Pengumpulan data menggunakan instrument sekala agresifitas verbal, teknik purposive sampling untuk memilih satu kelompok (7 siswa) dari 223 siswa sebagai uji coba produk. Analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametik melalui uji Wilcoxon. Hasil ujicoba kelayakan oleh ahli dan praktisi menyatakan bahwa model memenuhi kretiria keilmuan bimbingan dan konseling dan dapat diterima oleh guru bimbingan dan konseling. Hasil uji coba produk kepada siswa diketahui konselingkelompok teknik behavior contract efektif mereduksi perilaku agresif verbal (z= -2.366, p<0.05) Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya mengembangkan model dengan menggunakan sasaran yang lebih luas danjenjang pendidikan yang lainnya,sehingga dapat diketahui hasil penelitian yang lebih luas dandapat dikembangkan serta digunakan terhadap jenjang pendidikan yang lainnya. Selanjutnya bagi guru bimbingan dan konseling profesional dapat menggunakan model layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract untuk mereduksi perilaku agresifitas verbal siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, behavior contract, agresifitas verbal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 16 Jun 2020 14:17
Last Modified: 16 Jun 2020 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36816

Actions (login required)

View Item View Item