ANALISIS PENGARUH REALISASI APBD TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN MENGGUNAKAN STATISTICAL MEDIATION ANALYSIS (Studi Pada Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Tahun 2014-2016)


Tutut Nurhidayah, 4112315013 (2018) ANALISIS PENGARUH REALISASI APBD TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN MENGGUNAKAN STATISTICAL MEDIATION ANALYSIS (Studi Pada Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Tahun 2014-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112315013.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan dan perkembangan perekonomian suatu negara dapat dilihat dari pembangunan yang dilakukan. Pembangunan di negara berkembang, seringkali terhalang oleh kurangnya pemerataan antara daerah satu dengan daerah lain, rendahnya kemampuan masyarakat dalam mengakses lapangan pekerjaan dan sedikitnya peluang masyarakat untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Hal ini merupakan faktor yang mendukung timbulnya kemiskinan. APBD merupakan salah satu alat untuk meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat. APBD diharapkan mampu mencerminkan kebutuhan masyarakat dengan memperhatikan potensi-potensi keanekaragaman daerah yang dimiliki. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode dokumentasi. Data yang diambil kemudian diolah menggunakan analisis jalur dengan bantuan software LISREL. Variabel dalam penelitian ini adalah Realisasi APBD yang dibagi menjadi 4 (empat) variabel yaitu Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Belanja Pembangunan, selain itu juga terdapat variabel Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 105 yang tergabung dalam 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah berdasarkan data dari tahun 2014-2016. Berdasarkan hasil analisis, terdapat pengaruh langsung positif PAD terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar 0,28 dan terdapat pengaruh langsung DAK terhadap Pertumbuhan Ekonomi sebesar 0,38. Sedangkan DAU dan Belanja Pembangunan tidak berpengaruh langsung positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Selain itu, tidak terdapat pengaruh langsung positif pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskinan pada Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. PAD, DAU, DAK dan Belanja Pembangunan sebagai bentuk realisasi APBD tidak menunjukan adanya pengaruh tidak langsung positif terhadap kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi sebagai intervening variable / variabel perantara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Realisasi APBD, Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Jun 2020 17:45
Last Modified: 15 Jun 2020 17:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36797

Actions (login required)

View Item View Item