TRAINER TROUBLESHOOTING SWITCHING MODE POWER SUPPLY (SMPS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH TEKNIK AUDIO VIDEO
Devi Puji Lestari , 5301414069 (2019) TRAINER TROUBLESHOOTING SWITCHING MODE POWER SUPPLY (SMPS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH TEKNIK AUDIO VIDEO. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (TRAINER TROUBLESHOOTING SWITCHING MODE POWER SUPPLY (SMPS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH TEKNIK AUDIO VIDEO)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Modul Praktikum pada Laboratorium Teknik Audio Video Pendidikan Teknik Elektro masih sangat diperlukan, khususnya Trainer Troubleshooting Switching Mode Power Supply (SMPS) yang dapat digunakan untuk kelengkapan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk merealisasikan perangkat Trainer Troubleshooting Switching Mode Power Supply (SMPS) yang menampilkan gangguan kerusakan dengan cara memutus switch dan melakukan perbaikan dengan menyambung saklar gangguan yang telah ditentukan pada trainer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development. Gangguan kerusakan yang ditampilkan pada trainer ini yaitu pada bagian Input Rectifier and Filter dan Controller. Hasil penelitian menunjukkan data uji validasi ahli diperoleh 83,3% dengan kategori “sangat baik” dan uji kelayakan kepada 25 orang mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Teknik Audio Video diperoleh 87% dengan kategori “sangat baik”. Hasil praktikum media pembelajaran Trainer Troubleshooting Switching Mode Power Supply (SMPS) diperoleh 91,5% dengan kategori “sangat baik”
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Troubleshooting, Switching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 13:58 |
Last Modified: | 11 Jun 2020 13:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36711 |
Actions (login required)
View Item |