PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PROYEK BERORIENTASI CHEMO-ENTERPRENEURSHIP BERBASIS GREEN CHEMISTRY


UMI SETYANINGSIH, 0402516065 (2020) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PROYEK BERORIENTASI CHEMO-ENTERPRENEURSHIP BERBASIS GREEN CHEMISTRY. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_UMI_SETYANINGSIH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Setyaningsih, Umi. 2020.“Pengembangan Desain Pembelajaran Proyek Berorientasi Chemoentrepreneurship Berbasis Green Chemistry”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sri Susilogati Sumarti, M.Si, Pembimbing II Prof. Dr. Sudarmin, M.Si Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Project Based Learning, Chemoentreprenuership, Green Chemistry. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran proyek berorientasi chemo-entrepreunership berbasis green chemistry yang valid dan efektif serta respon siswa yang positif. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang diadopsi dari Thiagarajan model 4D yang dimodivikasi. Model 4-D terdiri atas empat tahap pengembangan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran), tahap Disseminate tidak dilakukan karena pada tahap Develop sudah menghasilkan perangkat pembelajaran yang efektif. Penilaian kevalidan perangkat pembelajaran dilakukan oleh empat orang ahli. Instrumen penilaian perangkat pembelajaran terdiri dari komponen silabus, RPP, Bahan ajar, project work sheet. Kefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai kevalidan sebesar 3.59 (88.5%) dengan kategori sangat baik. Minat wirausaha pada uji coba luas menunjukkan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai thitung = 19,981 dan ttabel = 2,03. Nilai thitung> ttabel yang berarti ada peningkatan yang signifikan minat siswa. Berdasarkan hasil penilaian maka perangkat pembelajaran proyek berorientasi chemoentrepreunersip berbasis green chemistry memenuhi kriteri valid dengan nilai 3,75 dan dikatakan efektif berdasarkan nilai post test > nilai pre test dan ketuntasan hasil belajar ≥ KKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Project Based Learning, Chemoentreprenuership, Green Chemistry.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 04 Jun 2020 13:47
Last Modified: 04 Jun 2020 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36588

Actions (login required)

View Item View Item