PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KONFORMITAS HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2016 DENGAN BODY IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Kharisma Widyaning Pramesti , 7101415370 (2019) PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KONFORMITAS HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2016 DENGAN BODY IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KONFORMITAS HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2016 DENGAN BODY IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING]
Preview
PDF (PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KONFORMITAS HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2016 DENGAN BODY IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING) - Published Version
Download (814kB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif lebih banyak dipengaruhi oleh nafsu semata hanya untuk memuaskan kesenangan serta lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Hasil observasi awal menemukan hasil bahwa kadang-kadang mereka melakukan pembelian produk tanpa memperhatikan prioritas kebutuhannya. Bahkan uang saku yang diterima setiap bulannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh media sosial, dan konformitas hedonis terhadap perilaku konsumtif mahasiswa baik secara langsung maupun melalui body image sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2016 berjumlah 882 mahasiswa dan pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Issac dan Michael sebanyak 268 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional non random sampling. Metode pengambilan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statitik deskriptif, dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan media sosial terhadap perilaku konsumtif sebesar 49,8%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan konformitas hedonis terhadap perilaku konsumtif sebesar 24,3%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan body image terhadap perilaku konsumtif sebesar 17,6%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan media sosial terhadap body image sebesar 32,5%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan konformitas hedonis terhadap body image. Terdapat pengaruh positif dan signifikan media sosial terhadap perilaku konsumtif melalui body image sebagai variabel intervening sebesar 55,52%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan konformitas hedonis terhadap perilaku konsumtif melalui body image sebagai variabel intervening sebesar 26,34%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media sosial dan konformitas hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui body image sebagai variabel intervening. Saran yang diberikan yaitu diharapkan mahasiswa dapat menyesuaikan perilaku dan sikap dengan cara menggunakan media sosial untuk hal positif, mengurangi intensitas berkumpul dengan kelompok referensinya serta tidak terlalu memfokuskan diri pada penampilan dan produk-produk yang ditampilkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Media Sosial, Konformitas Hedonis, dan Body Image.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jun 2020 14:37
Last Modified: 03 Jun 2020 14:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36533

Actions (login required)

View Item View Item