PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR, GAYA BELAJAR, DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IIS MAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019


Nadia Azka Chaidar , 7101415337 (2019) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR, GAYA BELAJAR, DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IIS MAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR, GAYA BELAJAR, DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IIS MAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR, GAYA BELAJAR, DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IIS MAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (903kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan seseorang dalam menggunakan kemampuan berpikirnya dalam hal menganalisis suatu informaasi maupun gagasan yang nantinya dapat dikembangkan berdasarkan alasan yang logis untuk pengambilan suatu kesimpulan. Sehingga nantinya siswa tidak langsung menerima suatu informasi tanpa adanya informasi lain yang mendukung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh kepercayaan diri, kemandirian belajar, gaya belajar, dan pemberian tugas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian sebayak 127 siswa kelas XI IIS Madrasah Aliyah Negeri Temanggung dimana seluruh populasi menjadi responden penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri, kemandirian belajar, gaya belajar, dan pemberian tugas, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner/angket, analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan model penelitian telah memenuhi kriteria good of fit sehingga model dinyatakan layak. Kepercayaan diri, kemandirian belajar, dan pemberian tugas berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, diperoleh hasil gaya belajar tidak berpengaruh langsung terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa kepercayaan diri, kemandirian belajar, dan pemberian tugas berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, sedangkan gaya belajar tidak berpengaruh. Saran yang dapat diberikan antara lain: siswa memiliki kesadaran untuk belajar mandiri. Bagi pihak guru untuk memberikan tugas sesuai dengan pembelajaran dikarenakan dengan adanya tugas yang diberikan dapat mendorong siswa untuk belajar dan meningkatkan proses berpikir kritisnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Kepercayaan Diri, Kemandirian Belajar, Gaya Belajar, dan Pemberian Tugas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jun 2020 14:26
Last Modified: 03 Jun 2020 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36524

Actions (login required)

View Item View Item