PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS MELALUI VARIABEL CITRA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD KARYA MINA TEGAL


Lina Ahmadtullah , 7101415262 (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS MELALUI VARIABEL CITRA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD KARYA MINA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS MELALUI VARIABEL CITRA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD KARYA MINA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS MELALUI VARIABEL CITRA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD KARYA MINA TEGAL) - Published Version
Download (832kB) | Preview

Abstract

Partisipasi anggota dipengaruhi oleh interaksi tiga variabel utama , yaitu: anggota, manajer,dan program. Interaksi ketiga variabel tersebut di sebut dengan triangle fit of participation. Berdasarkan observasi awal , partisipasi anggota di KUD Karya Mina Tegal tergolong dalam kategori rendah. Diduga hal ini terjadi karena adanya permasalahan dari segi manajerial, pelayanan , dan citra koperasi.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan, kemampuan manajerial pengurus,dan citra koperasi terhadap partisipasi anggota baik secara simultan maupun parsial,dan uji path analysis untuk variabel intervening. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anggota KUD Karya Mina Tegal yang berjumlah 3775 orang . Ukuran sampel sebanyak 120 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuisioner. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, uji asumsi klasik,analisis regresi berganda,dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) terdapat pengaruh secara langsung antara kualitas pelayanan dan kemampuan ,manajerial pengurus terhadap terhadap partisipasi anggota KUD Karya Mina Tegal, (b) terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan kemampuan manajerial pengurus terhadap citra koperasi KUD Karya Mina Tegal,(c) terdapat pengaruh secara bersama-sama antara kualitas pelayanan,kemampuan manajerial pengurus,dan citra koperasi terhadap Partisipasi Anggota KUD Karya Mina Tegal, (d) terdapat pengaruh tidak langsung antara kualitas pelayanan dan kemampuan manajerial pengurus melalui citra koperasi terhadap partisipasi anggota KUD Karya MinaTegal Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kualitas pelayanan, kemampuan manajerial pengurus, dan citra koperasi terhadap partisipasi anggota KUD Karya Mina Tegal.Saran bagi KUD adalah agar meningkatkan citra koperasi dengan cara meminta bantuan pemerintah untuk ikut mensosialisasikan pentingnya ikut dalam koperasi.Serta meningkatkan kualitas pelayanan dan kemampuan agar partisipasi semakin meningkat . Saran bagi peneliti, untuk memperluas objek dan variabel penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Kemampuan Manajerial Pengurus, Citra koperasi, Partisipasi anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 May 2020 15:22
Last Modified: 31 May 2020 15:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36484

Actions (login required)

View Item View Item