PENGARUH PENGGUNAAN SERBUK GYPSUM, KARBON AKTIF, TiO2 DAN TEMBAGA SEBAGAI CAMPURAN BAHAN CATALYTIC CONVERTER TERHADAP PENURUNAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN
Abdul Basit , 5202415040 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN SERBUK GYPSUM, KARBON AKTIF, TiO2 DAN TEMBAGA SEBAGAI CAMPURAN BAHAN CATALYTIC CONVERTER TERHADAP PENURUNAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN SERBUK GYPSUM, KARBON AKTIF, TiO2 DAN TEMBAGA SEBAGAI CAMPURAN BAHAN CATALYTIC CONVERTER TERHADAP PENURUNAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN)
- Published Version
Download (829kB) | Preview |
Abstract
Aktivitas transportasi masyarakat Indonesia yang terus mengalami peningkatan, dimana sepeda motor relatif umum dan banyak digunakan oleh masyarakat. Peningkatan jumlah kendaraan sejalan juga meningkatnya polutan yang dihasilkan. Polutan dari kendaraan bermotor memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan manusia, lingkungan dan ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komposisi campuran bahan gypsum, karbon aktif, TiO2, dan tembaga pada catalytic converter terhadap emisi gas buang kendaraan CO dan HC. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Pengujian dilakukan pada empat variasi komposisi bahan gypsum, karbon aktif, TiO2, dan tembaga dengan melakukan kontrol pada porositas produk, putaran mesin stasioner 1400 rpm, suhu kerja 700C, dan durasi waktu pengujian 60 detik setiap satu pengambilan data. Kemudian data hasil pengujian dari keempat variasi komposisi bahan catalytic converter yang dibuat dibandingkan dengan data hasil pengujian knalpot standar tanpa catalytic converter. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan bahan gypsum, karbon aktif, TiO2, dan tembaga sebagai catalytic converter mampu menurunkan kandungan CO dan HC pada kendaraan bermesin bensin. Pengurangan paling baik terdapat pada komposisi bahan gypsum 60%, karbon aktif 15%, TiO2 15%, dan tembaga 10%, yaitu mampu menurunkan kandungan CO dari 3,5625% menjadi 2,36% terjadi pengurangan sebesar 1,2025% dengan efektivitas pengurangan CO sebesar 33,754% dan mampu menurunkan kandungan HC dari 642,5 ppm menjadi 469 ppm terjadi pengurangan sebesar 173,5% dengan efektivitas pengurangan HC sebesar 27%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Catalytic Converter, Gypsum, Polutan Berbahaya, Kendaraan Bermotor. |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 26 May 2020 12:57 |
Last Modified: | 26 May 2020 12:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36363 |
Actions (login required)
View Item |