PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIDEO TUTORIAL DYNAMIC BLOCK DALAM AUTOCAD PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 KENDAL
Adika Primadana Putra , 5101414038 (2019) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIDEO TUTORIAL DYNAMIC BLOCK DALAM AUTOCAD PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIDEO TUTORIAL DYNAMIC BLOCK DALAM AUTOCAD PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 KENDAL)
- Published Version
Download (713kB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil validasi ahli terhadap media pembelajaran interaktif video tutorial autcad dan hasil respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif video tutorial autocad dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif video tutorial autocad. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil validasi ahli terhadap media pembelajaran interaktif video tutorial autcad adalah dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Rata – rata hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif video tutorial autcad dengan kategori respon siswa baik terhadap media pembelajaran yang telah dibuat. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran yaitu 84,4% siswa bisa membuat gambar konstruksi bangunan menggunakan dynamic block dalam autocad sesuai petunjuk dan 15,6% tidak bisa membuat gambar konstruksi bangunan menggunakan dynamic block dalam autocad sesuai petunjuk ( belum sempurna). Hasil dari pembuatan video tutorial dynamic block dalam autocad ini dapat dilihat di https://www.youtube.com/channel/UCgPt550KIR8ilXDJxw2Lr3A dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil validasi ahli terhadap media pembelajaran kompetensi membuat gambar konstruksi dengan perangkat lunak yang digunakan siswa dalam pembelajaran di kelas validator memberikan kriteria sangat valid untuk media pembelajaran interaktif video tutorial autcad dan hasil respon siswa terhadap media pembelajaran pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan prancangan interior gedung kompetensi membuat gambar konstruksi dengan perangkat lunak rata – rata siswa memberikan kriteria baik untuk media pembelajaran interaktif video tutorial autocad dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan prancangan interior gedung kompetensi membuat gambar konstruksi dengan perangkat lunak 84,4% siswa bisa membuat gambar konstruksi bangunan menggunakan dynamic block dalam autocad sesuai petunjuk dan 15,6% tidak bisa membuat gambar konstruksi bangunan menggunakan dynamic block dalam autocad sesuai petunjuk ( belum sempurna) setelah menggunakan media pembelajaran interaktif video tutorial autcad.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video Tutorial, Dynamic Block, Autocad |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 May 2020 16:46 |
Last Modified: | 22 May 2020 16:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36353 |
Actions (login required)
View Item |