PEMBELAJARAN IPS BERBASIS LINGKUNGAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN
Novita Waroh , 3601415003 (2020) PEMBELAJARAN IPS BERBASIS LINGKUNGAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN IPS BERBASIS LINGKUNGAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN)
- Published Version
Download (624kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan faktor penting dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Lingkungan sosialyang ada di daerahmerupakan potensi yang harus diperkenalkan pada generasi penerus sebagai upaya pemerintah dalam mewariskan budaya kepada generasi penerus bangsa melalui pendidikan. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah implementasi metode pembelajaran IPS berbasis lingkungan sosial di SMP Negeri 1 Kradenan, (2) bagaimanakah kendala yang dihadapi dalam implementasi metode pembelajaran IPS berbasis lingkungan sosial di SMP Negeri 1 Kradenan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui meode pembelajaran yang tepat dalam penerapan pembelajaran IPS berbasis lingkungan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil satu sekolah yaitu SMP Negeri 1 Kradenan, yang berada di Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Informan dalam penelitian ini adalah tiga guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosisal dan dua siswa. Sumber lain berupa data profil sekolah dan dokumentasi. teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosisal berbasis lingkungan sosial yang diterapkan adalah metode pembelajaran Karya Wisata, pembelajaran dilakukan di luar kelas dengan mengunjungi Rumah Fosil dan Festival Jerami Banjarejo. Metode pembelajaran tersebut diterapkan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis lingkungan sosial adalah daya tampung dari lokasi pembelajaran kurang luas dan waktu yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Mata Pelajaran IPS Berbasis Lingkungan sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 20 May 2020 15:30 |
Last Modified: | 20 May 2020 15:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36348 |
Actions (login required)
View Item |