PENGARUH PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 SEMARANG


Maudi Yulias Saputri , 3601415006 (2019) PENGARUH PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 SEMARANG) - Published Version
Download (703kB) | Preview

Abstract

Penerapan sistem pembelajaran moving class di SMP Negeri 3 Semarang sudah berjalan selama 12 tahun.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan sistem pembelajaran moving class terhadap minat belajar IPS siswa kelas VIII di SMP N 3 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif presentase. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP N 3 Semarang yang berjumlah 251. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling dan diperoleh 155 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Penerapan sistem pembelajaran moving class pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Semarang termasuk dalam kategori sangat tinggi 63,23%. (2) Minat belajar IPS kelas VIII dalam kategori tinggi 79,35%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan sistem pembelajaran moving class terhadap minat belajar IPS siswa kelas VIII di SMP N 3 Semarang. Pernyataan ini dapat dibuktikan dari tabel hasil uji signifkansi diperoleh nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,000< 0,05) sehingga ditolak dan diterima. Nilai Koefisien Determinasi (R2)=0,243, artinya penerapan sistem pembelajaran moving class memberikan pengaruh sebesar 24,3% terhadap minat belajar IPS sedangkan sisanya sebesar 75,7 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembelajaran Moving Class, Minat Belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 20 May 2020 15:21
Last Modified: 20 May 2020 15:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36346

Actions (login required)

View Item View Item