PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN (Studi Pada SMP Negeri 39 Kota Semarang)


Hidayati Retno Palupi , 3601415031 (2020) PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN (Studi Pada SMP Negeri 39 Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN (Studi Pada SMP Negeri 39 Kota Semarang)]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN (Studi Pada SMP Negeri 39 Kota Semarang)) - Published Version
Download (752kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah untuk mengembangkan kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui materi IPS apa saja yang dapat diajarkan menggunakan pembelajaran dengan pendekatan lingkungan, (2) mengetahui pengembangan rencana pembelajaran IPS oleh guru dengan pendekatan lingkungan di SMP N 39 Semarang, dan (3) mengetahui implementasi pembelajaran IPS dengan pendekatan lingkungan di SMP N 39 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, pengamatan,dan dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penlitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model Miles dan Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan pendekatan lingkungan dapat diajarkan hampir di semua materi Ilmu Pengetahuan Sosial. Namun pembelajaran IPS dengan pendekatan lingkungan ini belum dapat diterapkan secara optimal oleh para guru IPS di SMP Negeri 39 Semarang karena sulitnya memanfaatkan lingkungan secara langsung, memilih media dan metode, serta menyusun alat evaluasi yang tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan guru, Pembelajaran IPS, Pendekatan Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 20 May 2020 15:06
Last Modified: 20 May 2020 15:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36343

Actions (login required)

View Item View Item