EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA KELAS VII DI SMP N 1 JEPARA
Atia Putri Puspitasari, 3601415041 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA KELAS VII DI SMP N 1 JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA KELAS VII DI SMP N 1 JEPARA)
- Published Version
Download (779kB) | Preview |
Abstract
Efektivitas atau keberhasilan suatu pembelajaran dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik. Kegiatan pembelajaran dikatakan baik apabila melibatkan komponen-komponen pembelajaran, salah satunya media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana perantara atau alat bantu dalam menjelaskan materi pelajaran. Berdasarkan hasil observasi, guru IPS kelas VII di SMP N 1 Jepara belum mampu menggunakan media pembelajaran yang menarik, aktif, dan menyenangkan, sehingga peserta didik marasa bosan dan sulit memahami materi pelajaran IPS. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru sebaiknya menarik, aktif, dan menyenangkan seperti teka-teki silang. Media teka-teki silang merupakan permainan mengasah otak melalui pencarian kata yang pas untuk jawaban pada pada kotak yang tersedia. Media teka-teki silang memberi kemudahan peserta didik dalam mengingat kembali atau meninjau ulang materi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas pembelajaran IPS dengan media teka-teki silang. Data penelitian diperoleh dari angket dan tes yang diberikan kepada peserta didik kelas VII F. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII dengan jumlah sampel 32 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan rendahnya nilai rata-rata yang diperoleh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t test, uji normalitas, dan analisis skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan media teka-teki silang berlangsung efektif baik dilihat dari kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik. Kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS memperoleh kategori baik dengan skor 3,36, aktivitas peserta didik selama pembelajaran IPS dengan media teka-teki silang memperoleh kategori aktif dengan skor 3,13, respon peserta didik terhadap pembelajaran IPS dengan media teka-teki silang memperoleh kategori positif dengan persentase skor 86,25%, dan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik dinyatakan tuntas dengan persentase 94 %, 80,54 %, dan 81 %. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan yaitu guru diharapkan mampu menggunakan media pembelajaran yang menarik, aktif, dan menyenangkan seperti media teka-teki silang, supaya pembelajaran IPS menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik sehingga mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pembelajaran IPS, Media Teka-Teki Silang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 20 May 2020 14:51 |
Last Modified: | 20 May 2020 14:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36341 |
Actions (login required)
View Item |