ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM BAGI SISWA KELAS XI


Nanda Thyareza Imaniar , 4301415038 (2019) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM BAGI SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM BAGI SISWA KELAS XI]
Preview
PDF (ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM BAGI SISWA KELAS XI) - Published Version
Download (888kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil keterampilan proses sains siswa melalui tes dan observasi setelah diterapkan model project based learning berbantuan Google Classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analisis di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Pecangaan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil keterampilan proses sains siswa melalui hasil tes berdasarkan 10 indikator keterampilan proses sains termasuk dalam kriteria sangat baik untuk 6 indikator, yaitu indikator mengamati, mengklasifikasi, menafsirkan, mengajukan pertanyaan, menggunakan alat/bahan, dan berkomunikasi. Empat indikator lain yaitu menarik kesimpulan, merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, dan menerapkan konsep termasuk dalam kriteria baik. Profil keterampilan proses sains siswa hasil observasi berdasarkan 10 indikator keterampilan proses sains termasuk dalam kriteria sangat baik untuk 8 indikator, yaitu indikator menafsirkan, merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat/bahan, mengamati, mengklasifikasi, membuat kesimpulan dan berkomunikasi. Dua indikator lain yaitu menerapkan konsep dan mengajukan pertanyaan termasuk dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan model project based learning berbantuan Google Classroom pada materi larutan penyangga minimal berkriteria baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: google classroom; keterampilan proses sains; observasi; project based learning; tes.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2020 14:26
Last Modified: 15 May 2020 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36324

Actions (login required)

View Item View Item