FINITE ELEMENT ANALYSIS PERILAKU BETON BERTULANG DAN BETON PRATEGANG MENGGUNAKAN SOFTWARE ABAQUS 6.14


HUSNI MUBAROK , 5113414022 (2019) FINITE ELEMENT ANALYSIS PERILAKU BETON BERTULANG DAN BETON PRATEGANG MENGGUNAKAN SOFTWARE ABAQUS 6.14. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of FINITE ELEMENT ANALYSIS PERILAKU BETON BERTULANG DAN BETON PRATEGANG MENGGUNAKAN SOFTWARE ABAQUS 6.14]
Preview
PDF (FINITE ELEMENT ANALYSIS PERILAKU BETON BERTULANG DAN BETON PRATEGANG MENGGUNAKAN SOFTWARE ABAQUS 6.14) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Beton kuat dalam tekanan namun lemah dalam regangan. Pada beton bertulang, penambahan material baja untuk menahan tegangan tarik, namun banyak hal yang terjadi di lapangan terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan struktur. Dalam studi ini, balok beton bertulang dan balok balok pra-tegang dianalisis untuk perilaku non-linier dan dibebani beban eksternal menggunakan metode analisis elemen hingga. Abaqus CAE, adalah software yang digunakan untuk analisis bagian dari beton tersebut. Prediksi numerik menggunakan Abaqus CAE meliputi hubungan beban dan lendutan beton bertulang dan beton pra-tekan serta gambaran variasi tegangan yang terjadi pada beton bertulang dan pra-tekan yang digambarkan melalui aplikasi Abaqus CAE ini. Geometri benda uji struktur balok beton bertulang yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari penelitian Buckhouse. Sebelum melakukan analisis numerik pada model balok beton prategang, perlu adanya kalibrasi untuk memastikan keakuratan pemodelan menggunakan software abaqus 6.14 ini yaitu dengan memodelkan hasil uji laboratorium dari Buckhouse dengan kode benda uji C1(BU) kemudian dimodelkan menggunakan software abaqus 6.14 (BN) dan balok prategang abaqus (BP1). Untuk pembanding hasil pemodelan balok beton prategang abaqus (BP1) dikomparasikan dengan hasil peneltian dari Wolanski yang menggunakan aplikasi ANSYS (BP2). Hasil analisa menggunakan software abaqus menunjukkan balok beton bertulang abaqus (BN) mengalami retak pertama pada beban 4981 lbs dengan displacement 0,057 inch. Pada Beton Normal Uji lab (BU) retak pertama pada beban 4500 lbs dengan displacement 0,06. Untuk beban ultimate pada balok beton bertulang Abaqus (BN) 16024 lbs dengan displacement 3,45 inch dan beban Ultimate Beton Normal Uji Lab (BN) 16310 lbs dengan persentase perbandingan selisih hasil sebesar 1,7 %. Hasil analisa pada Beton Prategang Abaqus (BP1) beban ultimate 28147 lbs dengan displacement 2,9 inch atau mampu menampung beban 43% lebih banyak dari Balok Beton Bertulang (BN). Dan untuk Beton Prategang ANSYS (BP1) ) beban ultimate 28016 lbs dengan displacement 3,2 inch . Persentase perbandingan selisih hasil BP1 dan BP2 sebesar 0,4%. Dengan hasil tersebut penelitian perilaku balok beton bertulang dan balok beton prategang dengan metode elemen hingga menggunakan Software Abaqus 6.14 dilalukukan dengan baik dan mendekati akurat dari hasil uji laboratorium.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Balok, Prategang, Abaqus, Retak, Displacement
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 12 May 2020 13:56
Last Modified: 12 May 2020 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36231

Actions (login required)

View Item View Item