DESAIN ULANG STRUKTUR PERPANJANGAN DERMAGA TERMINAL LOG PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG


Ekky Reza Prayudi , 5113414011 (2019) DESAIN ULANG STRUKTUR PERPANJANGAN DERMAGA TERMINAL LOG PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of DESAIN ULANG STRUKTUR PERPANJANGAN DERMAGA TERMINAL LOG PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG]
Preview
PDF (DESAIN ULANG STRUKTUR PERPANJANGAN DERMAGA TERMINAL LOG PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pekerjaan pembetonan pada struktur dermaga Terminal Log Semarang (TLS) menggunakan metode konvensional yaitu metode cor ditempat (in situ). Metode ini memiliki tingkat kesulitan tinggi yang disebabkan oleh banjir rob dan pasang surut air laut yang dapat mengurangi waktu efektif pelaksanaan pekerjaan dan berdampak pada lebih lamanya waktu pelaksanaan konstruksi secara keseluruhan. Pelaksanaan pembetonan dermaga membutuhkan metode yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi kerja tanpa mengurangi kualitas dari yang telah direncanakan sebelumnya. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendesain ulang struktur perpanjangan dermaga TLS menggunakan beton pracetak. Redesain dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder yaitu data tanah, data teknis dermaga dan gambar dermaga kontrak. Desain ulang struktur perpanjangan dermaga TLS dilakukan dengan menganalisis desain beton pracetak dan penulangan pada elemen dermaga yang terdiri dari pondasi, balok, pelat dan pile cap. Analisis struktur dilakukan dengan bantuan program analisis struktur. Berdasarkan desain ulang yang dilakukan menghasilkan bahwa struktur dermaga TLS yang desain ulang dengan metode pelaksanaan beton pracetak tidak mengubah volume pekerjaan beton konvensional pada gambar kontrak dermaga. Analisis strukur perpanjangan dermaga TLS dengan metode beton pracetak, seluruh komponen struktunya telah aman terhadap beban yang bekerja. Kapasitas pondasi dermaga masih memenuhi desain yaitu nilai kapasitas pondasi balok Crane sebesar 8233,502 kN dengan beban aksial sebesar 5022,178 kN sedangkan balok Non Crane sebesar 7246,161 dengan beban aksial sebesar 3158,100 kN (Qall > P). Seluruh penulangan komponen struktur pracetak telah memenuhi syarat aman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perpanjangan Dermaga, Terminal Log Semarang, Beton Pracetak
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 May 2020 01:46
Last Modified: 10 May 2020 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36216

Actions (login required)

View Item View Item