PEKALONGAN BASKETBALL CENTER DENGAN PENDEKATAN DESAIN ARSITEKTUR ANALOGI


Dinny Budihartoyo Putri , 5112414016 (2019) PEKALONGAN BASKETBALL CENTER DENGAN PENDEKATAN DESAIN ARSITEKTUR ANALOGI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEKALONGAN BASKETBALL CENTER DENGAN PENDEKATAN DESAIN ARSITEKTUR ANALOGI]
Preview
PDF (PEKALONGAN BASKETBALL CENTER DENGAN PENDEKATAN DESAIN ARSITEKTUR ANALOGI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Olahraga bola basket sangat berkembang dan digemari hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia, khusus nya di kota Pekalongan. Pekalongan memiliki 4 SMA Negeri dan beberapa SMA Swasta yang berprestasi dalam bidang olahraga basket. Pekalongan sendiri telah memiliki beberapa team club yang sudah sering mengikuti kejuaraan umum tingkat provinsi, club ini cukup memajukan dunia basket di Kota Pekalongan. Prestasi harus didukung dengan fasilitas yang mewadahi yaitu berupa pusat olahraga bola basket. Di kota Pekalongan fasilitas yang sejenis yaitu Gor Jatayu. Namun, Gor Jatayu ini tidak hanya digunakan untuk olahraga bola basket saja, akan tetapi olahrga lain, konser atau pameran pun menggunakan gor ini yang mengakibatkan kerusakan dibeberapa sisi. Sementara yang dibutuhkan oleh atlet adalah sebuah fasilitas khusus untuk olahraga bola basket. Pekalongan Basketball Center nantinya dirancang sesuai standar dan dapat mewadahi kebutuhan atletnya maupun kebutuhan saat penyelengaraan event dengan gaya arsitektur analogi. Selanjutnya pada perencanaan dan perancangan “Pekalongan Basketball Center dengan Pendekatan Desain Arsitektur Analogi”, penulis melakukan proses pengumpulan data, serta melakukan pencarian tapak yang berakhir pada pemilihan dan didapatkan satu tapak terpilih yaitu tapak terletak di Jalan Pramuka, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51117. Setelah data yang dibutuhkan dan tapak terpilih didapatkan, langkah selanjutnya yaitu proses analisa. Selama proses analisa, pendekatan desain arsitektur yang digunakan adalah arsitektur analogi. Analisa yang dilakukan terbagi ke dalam 5 (lima) aspek perencanaan dan perancangan arsitektur yaitu aspek fungsional, aspek kontekstual, aspek teknis, aspek kinerja, dan aspek arsitektural.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aspek Perencanaan dan Perancangan Arsitektur, arsitektur analogi, Basketball Center, Kota Pekalongan
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 May 2020 16:20
Last Modified: 09 May 2020 16:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36199

Actions (login required)

View Item View Item