ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN PENDAPAT MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PDAM TIRTA MOEDAL DI PERUMAHAN PERMATA PURI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


Ummu Salamah , 5101415037 (2019) ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN PENDAPAT MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PDAM TIRTA MOEDAL DI PERUMAHAN PERMATA PURI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN PENDAPAT MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PDAM TIRTA MOEDAL DI PERUMAHAN PERMATA PURI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN PENDAPAT MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PDAM TIRTA MOEDAL DI PERUMAHAN PERMATA PURI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (694kB) | Preview

Abstract

Jumlah penduduk yang makin meningkat di perumahan Permata Puri membuat kebutuhan air bersih juga meningkat tiap tahun. Layanan air bersih dari PDAM Tirta Moedal harus terpenuhi secara kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan aspek teknis lainnya. Maka perlu dilakukan suatu penelitian untuk: (1) mengetahui kebutuhan air bersih di Permata Puri tahun 2018, (2) mengetahui total kebutuhan air bersih di Permata Puri tahun 2028, serta (3) untuk mengetahui pendapat masyarakat Permata Puri terkait pelayanan dari PDAM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan penelitian kuantitif. Untuk mendapatkan data primer di perumahan Permata Puri menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan untuk data sekunder dari PDAM menggunakan teknik observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa: (1) kebutuhan air bersih di Permata Puri tahun 2018 adalah sebesar 128 L/O/H yang artinya penduduk Permata Puri termasuk hemat dalam menggunakan air, (2) kebutuhan air bersih di tahun 2028 dengan target cakupan pelayanan 90% adalah 9,04 l/dt atau 187,4 L/O/H, (3) menurut pendapat masyarakat, air yang diterima hanya memenuhi 45% standar kualitas air bersih , kuantitas air layanan sudah mencapai 72% untuk musim penghujan namun hanya bisa mencukupi 44% di musim kemarau, kontinuitas air yang mengalir belum bisa 24 jam dalam sehari, dan kepuasan pelanggan terhadap pelayan PDAM jika ditinjau dari aspek teknis hanya mencapai 42% dari 100% layanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan penduduk, kebutuhan air bersih, pelayanan PDAM.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 May 2020 13:45
Last Modified: 09 May 2020 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36187

Actions (login required)

View Item View Item