ANALISIS NILAI HASIL TERHADAP PENGENDALIAN MANAJEMEN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ( Studi Kasus : Pembangunan Gedung Rumah Sakit Pantiwilasa “ Dr. Cipto ” Semarang Tahap I )


Ayu Dinar Astriya , 5101415033 (2019) ANALISIS NILAI HASIL TERHADAP PENGENDALIAN MANAJEMEN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ( Studi Kasus : Pembangunan Gedung Rumah Sakit Pantiwilasa “ Dr. Cipto ” Semarang Tahap I ). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS NILAI HASIL TERHADAP PENGENDALIAN MANAJEMEN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ( Studi Kasus : Pembangunan Gedung Rumah Sakit Pantiwilasa “ Dr. Cipto ” Semarang Tahap I )]
Preview
PDF (ANALISIS NILAI HASIL TERHADAP PENGENDALIAN MANAJEMEN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ( Studi Kasus : Pembangunan Gedung Rumah Sakit Pantiwilasa “ Dr. Cipto ” Semarang Tahap I )) - Published Version
Download (487kB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi pembangunan kontruksi sekarang ini, sangatlah berkembang dengan cepat dan diiringi oleh adanya keberagaman metode pelaksanaan konstruksi yang cukup hebat. Dunia konstruksi merupakan bagian yang tidak akan terpisahkan dari kehidupan manusia, karena semakin bertambahnya manusia yang mendiami bumi maka manusia sangat membutuhkan jasa konstruksi. Kemajuan dalam kegiatan industri pada beberapa aspek memerlukan manajemen atau pengelolaan yang dituntut memiliki kinerja, kecermatan, keekonomisan, keterpaduan, kecepatan, ketepatan, ketelitian serta keamanan yang tinggi dalam rangka memperoleh hasil akhir yang sesuai harapan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengendalikan pelaksanaan proyek agar sesuai dengan estimasi rencana awal dan sebagai tolak ukur kemajuan proyek yang akan datang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian analisis deskriptif kuantitatif. Dari analisis hasil penelitian ini pada Proyek Pembangunan Gedung Rumah Sakit Pantiwilasa “Dr.Cipto” Semarang Tahap I bertujuan untuk mengetahui kinerja waktu dan mendapatkan solusi dari masalah – masalah yang terjadi pada proyek tersebut. pada varian jadwal ( SV ) pada proyek ini keseluruhan bernilai negatif. Menunjukkan bahwa proyek ini mengalami keterlambatan dan kinerja pada proyek ini kurang baik lebih lambat dan tidak sesuai dengan perencanaan awal. Untuk indeks kinerja jadwal ( SPI ) pada proyek pembangunan ini berbeda tiap minggunya, nilai dari minggu 28 yaitu 0,933250002 dan untuk minggu selanjutnya ditunjukkan dengan nilai SPI lebih kecil dari satu ( < 1 ) maka proyek selesai lebih lambat dibandingkan dengan yang direncanakan. Dari analisis kesimpulan diatas maka, Proyek Pembangunan Gedung Rumah Sakit Pantiwilasa “Dr.Cipto” Semarang Tahap I dalam kinerja waktu kurang baik dalam artian proyek lebih lambat tidak sesuai dengan yang direncanakan di awal. Bahwa proyek mengalami keterlambatan yang dikarenakan permasalahan design yang tidak jelas dari pihak owner yang mengakibatkan keterlambatan dilapangan, serta beberapa pekerjaan yang sudah jadi harus dibongkar. Maka dari permasalahan itu, perlu adanya solusi yaitu mengadakan adendum waktu dan peningkatan kerja pada minggu selanjutnya agar lebih produktif dan sesuai rencana jadwal di awal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Proyek, Nilai hasil, kinerja waktu.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 May 2020 13:40
Last Modified: 09 May 2020 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36185

Actions (login required)

View Item View Item