PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOODLE SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PROSES BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH EVALUASI PENGAJARAN PTK UNTUK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2017


Adi Pratama Lukito, 5101415031 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOODLE SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PROSES BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH EVALUASI PENGAJARAN PTK UNTUK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2017. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOODLE SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PROSES BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH EVALUASI PENGAJARAN PTK UNTUK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2017]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOODLE SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PROSES BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH EVALUASI PENGAJARAN PTK UNTUK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2017) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Evaluasi Pengajaran PTK merupakan mata kuliah yang wajib diikuti bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Salah satu materi dalam mata kuliah Evaluasi Pengajaran PTK adalah Teknik Pengolahan Skor Mentah Menjadi Nilai dan Teknik Penilaian Berbasis Kompetensi. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, maka diperlukan sumber belajar yang bervariasi dan mandiri yang tidak terbatas waktu dan tempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis moodle berdasarkan kebutuhan mahasiswa, ahli materi, ahli media, dan persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran berbasis moodle sebagai sarana pendukung proses blended learning. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti, metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner yang digunakan untuk mendapatkan data kebutuhan mahasiswa terhadap media pembelajaran, dan pengujian validitas media oleh ahli materi dan ahli media, serta uji persepsi media oleh mahasiswa Berdasarkan hasil analisis dari angket kebutuhan mahasiswa yang dilakukan mendapatkan persentase sebesar 84,32% dalam kategori sangat membutuhkan media pembelajaran berbasis moodle yang seperti berikut: media yang fleksibel, bisa dibuka/ diakses setiap saat, terhubung internet (online) dan berinteraksi dengan dosen serta mahasiswa lain selain didalam kelas, tampilan (themes) menarik dan bisa diubah-ubah, terdapat materi dan assignment, chatting, forum diskusi, dan detail disertai visualisasi. Dicantumkan kompetensi yang harus dikuasai dan tujuan pembelajaran, pengunggahan materiii atau tugas di moodle bisa berbagai format, serta ada evaluasi dalam media pembelajaran yang terdapat umpan balik yang tepat dengan pemberian skor nilai untuk mengukur kemampuan. Penilaian yang didapatkan dari ahli materi sebesar 93% dan ahli media sebesar 92 % dalam kategori sangat valid yang berarti sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kemudian berdasarkan uji persepsi mahasiswa sebesar 92,01% dalam kategori sangat valid yang berarti sangat layak digunakan dalam pembelajaran .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Moodle, Sarana Pendukung, Blennded Learning, Evaluasi Pengajaran PTK.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 May 2020 13:38
Last Modified: 09 May 2020 13:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36184

Actions (login required)

View Item View Item