PENGARUH SARANA PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK N 4 SEMARANG


Eki Setiawan , 5101415027 (2019) PENGARUH SARANA PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK N 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH SARANA PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK N 4 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH SARANA PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK N 4 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sumber daya manusia sekarang dituntut untuk menjadai sumberdaya yang cerdas dan bermutu, untuk mewujudkan itu perlunya pendidikan yang memiliki kualitas yang baik juga. Salah satu pendidikan yang berorientasi pada kualitas sumber daya adalah pendidikan SMK / MAK. Sarana prasarana pendidikan menjadi salah satu faktor yang mendorong kualitas suatu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penilaian siswa tentang sarana prasarana laboratorium komputer sesuai dengan standar sarana prasarana terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan sampel sejumlah 71 reponden. Penelitian yang dilakukan, menggunakan metode observasi dan angket. Validitas data dilakukan dengan metode validitas ekternal, untuk reliabilitas intrumen menggunakan rumus KR 21 dan analisis data untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana terhadap hasil belajar menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan data kesesuaian sarana prasarana laboratorium komputer dengan standar sarana prasarana sebesar 89.13% atau dalam kategori “sesuai”, dan dari hasil angket penilaian siswa sarana prasarana laboratorium komputer mendapat kesesuaian sebesar 76.93%. Kemudian dari analisis regresi diketahui jika nilai F hitung sebesar 0.05 lebih kecil dari nilai F tabel sehingga dapat disimpulkan sarana prasarana di laboratorium komputer tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sarana prasarana, Pengaruh, Hasil Belajar, Laboratorium Komputer
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 07 May 2020 15:45
Last Modified: 07 May 2020 15:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36172

Actions (login required)

View Item View Item