EVALUASI MEDIA BERBASIS LECTORA PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Iin Indriyana , 5101415021 (2019) EVALUASI MEDIA BERBASIS LECTORA PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EVALUASI MEDIA BERBASIS LECTORA PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (EVALUASI MEDIA BERBASIS LECTORA PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

software lectora peneliti mencoba untuk menerapkan media tersebut serta mengevaluasi media tersebut agar media sesuai dengan apa yang dibutuhkan peserta didik sehingga dapat meningkatkan penilaian terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana hasil evaluasi media pembelajaran berbasis lectora dapat meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah konstruksi bangunan 2. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuantitatif dan hasil penelitian yang dihasilkan adalah berupa media yang telah diperbaiki sesuai dengan apa yang dibutuhkan peserta didik sehingga prestasi akademik peserta didik dapat meningkat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya perbaikan media yang dilakukan berdasarkan kebutuhan mahasiswa terjadi peningkatan presentase media pembelajaran Lectora dapat mengatasi persepsi kesulitan belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dalam mengikuti mata kuliah Konstruksi Bangunan 2 sebesar 8%, dari yang sebelumnya 82% menjadi 90% yang termasuk dalam kategori Sangat Baik, serta mendapatkan perolehan ketuntasan belajar sebesar 95%. Hal ini menunjukkan media pembelajaran Lectora yang telah diperbaiki sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran mandiri mahasiswa. Perlu adanya penelitian lanjutan untuk menemukan 10% ketidaktuntasan hasil belajar dan dapat mengembangkan media mengikuti perkembangan teknologi terbaru agar media tetap up to date dan tidak tertinggal zaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Lectora, Konstruksi Bangunan 2.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 07 May 2020 15:35
Last Modified: 07 May 2020 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36169

Actions (login required)

View Item View Item