PEMBUATAN ALAT SCREW CONVEYOR TROWEL (SCT) PEMASANGAN MORTAR SIAR TEGAK DAN SIAR DATAR PADA BATA RINGAN


Dina Dwi Aprilia , 5101415009 (2019) PEMBUATAN ALAT SCREW CONVEYOR TROWEL (SCT) PEMASANGAN MORTAR SIAR TEGAK DAN SIAR DATAR PADA BATA RINGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBUATAN ALAT SCREW CONVEYOR TROWEL (SCT) PEMASANGAN MORTAR SIAR TEGAK DAN SIAR DATAR PADA BATA RINGAN ]
Preview
PDF (PEMBUATAN ALAT SCREW CONVEYOR TROWEL (SCT) PEMASANGAN MORTAR SIAR TEGAK DAN SIAR DATAR PADA BATA RINGAN ) - Published Version
Download (653kB) | Preview

Abstract

Screw Conveyor Trowel merupakan alat pengganti cetok berupa mesin yang digerakkan oleh dinamo dan beberapa alat penunjang yang lain sehingga mempermudah dan mempercepat tukang dalam pemasangan bata ringan di lapangan. Screw Conveyor Trowel digunakan untuk memasang mortar pada bata ringan dengan ukuran 10 x 20 x 60. Ketebalan mortar pada screw conveyor trowel ini adalah 1 cm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pembuatan screw conveyor trowel , cara kerja alat tersebut serta menghitung produktivitas kecepatan antara pemasangan bata ringan menggunakan alat berupa cetok dan pemasangan bata ringan menggunakan alat screw conveyor trowel serta melihat kerapihan pasangan dinding bata ringan. Metode yang digunakan untuk membandingkan antara screw conveyor trowel dan alat manual berupa cetok adalah dengan menggunakan metode eksperimen dengan model the static group comparation yang didapat dari survey dan observasi dilapangan, sedangkan dalam membuat alat tersebut melalui beberapa tahapan yakni mendesign alat yang dibutuhkan, menganalisis kebutuhan alat tersebut, serta merancang dan membuat alat screw conveyor trowel. Pemasangan bata ringan dilapangan ternyata dapat dilaksanakan lebih cepat 72% menggunakan alat berupa screw conveyor trowel dari pada alat manual berupa cetok, selain produktivitas kecepatan, alat screw conveyor trowel juga dapat memasang bata ringan lebih rapi di bandingkan dengan alat manual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Screw Conveyor Trowel, Produktivitas ,Kecepatan, eksperimen
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 04 May 2020 15:55
Last Modified: 04 May 2020 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36118

Actions (login required)

View Item View Item