PENGARUH PENAMBAHAN SERAT KAWAT BENDRAT PADA CAMPURAN BETON TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BETON


JUWARNOKO , 5101414017 (2019) PENGARUH PENAMBAHAN SERAT KAWAT BENDRAT PADA CAMPURAN BETON TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BETON. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENAMBAHAN SERAT KAWAT BENDRAT PADA CAMPURAN BETON TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BETON ]
Preview
PDF (PENGARUH PENAMBAHAN SERAT KAWAT BENDRAT PADA CAMPURAN BETON TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BETON ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Beton merupakan bahan konstruksi yang sangat penting dan paling dominan digunakan pada struktur bangunan. Beton juga merupakan bahan bangunan yang memiliki kuat tekan yang tinggi dan memiliki kuat tarik yang rendah, sehingga penambahan serat dalam adukan beton menjadi alternatif untuk meningkatkan kuat tarik belah beton. Serat kawat bendrat (steel fiber) merupakan serat yang tergolong ke dalam serat sintetis. Dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai konsentrasi serat optimum yang menghasilkan nilai kuat tekan, dan kuat tarik belah beton serat kawat bendrat dengan komposisi serat 0%; 1%; 2%; 3%. Benda uji yang digunakan beberntuk silinder dengan ukuran diameter 150 mm dan tinggi 300 mm diuji untuk kuat tekan dan kuat tarik. Jumlah benda uji 24 buah, dengan masingmasing komposisi sebanyak 3 sempel. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa terjadi peningkatan kuat kuat tekan pada saat penambahan serat dengan konsentrasi 2 % yaitu sebesar 25,59 MPa, kemudian untuk kadar serat 1 % dan 3 % tampak bahwa beton mulai mengalami penurunan kuat tekan, yaitu sebesar 24,48 MPa dan 22,92 MPa. Namun nilai tersebut masih lebih tinggi dari beton normal 20,75 MPa. Peningkatan tersebut juga terjadi pada kuat tarik belah beton pada saat penambahan serat kawat bendrat dengan konsentrasi 2 %, yaitu sebesar 2,38 MPa, untuk kadar serat 1 % dan 3 % bahwa beton tampak mulai mengalani penurunan kuat tarik belah , yaitu sebesar 2,29 MPa dan 2,14 MPa. Namun nilai penurunan tersebut masih lebih tinggi dari beton normal 1,95 MPa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Serat Kawat Bendrat, Kuat Tekan dan Kuat Tarik Belah Beton.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 04 May 2020 15:37
Last Modified: 04 May 2020 15:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36105

Actions (login required)

View Item View Item