PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATERI MENGGAMBAR POTONGAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 SEMARANG


AFRIDJAL OTTOHYAT , 5101413011 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATERI MENGGAMBAR POTONGAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATERI MENGGAMBAR POTONGAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 SEMARANG ]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATERI MENGGAMBAR POTONGAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 SEMARANG ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara peserta didik, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi pembelajaran yang ada dalam kurikulum yang dituangkan oleh pengajar atau fasilitator atau sumber lain ke dalam simbol-simbol komunikasi, baik simbol verbal maupun simbol non verbal atau visual. Dengan berkembangnya teknologi pada pertengahan abad ke-20 guru juga menggunakan alat bantu audio visual dalam proses pembelajarannya. model konvensional yang sering kali berdampak pada perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan, dengan demikian inovasi dalam penyampain materi sangat diperlukan. Pemilihan media pun berperan dalam proses pembelajaran guna menggiring siswa untuk tetap tertarik terhadap materi yang akan disampaikan.Tujuan penelitian ini adalah Mengungkapkan pengaruh pendekatan mobile learning dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada materi menggambar potongan konstruksi bangunan Siswa SMK Negeri 3 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan kuasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequievalent Control Group Design yaitu menempatkan subjek penelitian ke dalam dua kelompok kelas yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara acak atau random (Sugiyono, 2009: 116). Hal ini senada dengan apa yang dikatakan Margono (2004: 112) bahwa “penelitian ini memberikan kesempatan untuk meneliti perlakuan-perlakuan di dalam kelompok yang tidak ditempatkan dengan sengaja, melainkan secara alami”. Hasil analisis data akhir diambil dengan menggunakan angket non tes terhadap kelompok sesi pertama yaitu kelas eksperimen XI KGSP 2 dengan perlakuan pembelajaran M-learning disertai metode ceramah untuk mendorong motivasi siswa dalam belajar materi menggambar potongan. Sedangkan untuk sesi kedua yaitu kelompok kelas kontrol XI KGSP 1 dengan metode konvensional ceramah disertai observasi gambar. Setelah pengolahan data didapatkan bahwa kelompok kelas eksperimen mendapatkan skor 9.81% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran M- learning dipadukan dengan ceramah dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mobile-learning, Modul, Media visual, Menggambar Potongan Bangunan, Penelitian Eksperimen
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 04 May 2020 15:33
Last Modified: 04 May 2020 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36102

Actions (login required)

View Item View Item