”Kontribusi Persiapan kuliah Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 2dan 4 Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Semarang”.


Merta Irawan, 3201401035 (2005) ”Kontribusi Persiapan kuliah Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 2dan 4 Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Semarang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ”Kontribusi Persiapan kuliah Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 2dan 4 Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Semarang”.]
Preview
PDF (”Kontribusi Persiapan kuliah Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 2dan 4 Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Semarang”.) - Published Version
Download (222kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian adalah (1) Rendah kualitas lulusan Perguruan Tinggi (2) Persiapan kuliah yang kurang dan ketrampilan belajar yang rendah pada mahasiswa semester II dan IV (3) Peneliti ingin mengetahui sejauhmana kontribusi persiapan kuliah terhadap prestasi belajar mahasiswa semester II dan IV. Permasalahan yang muncul dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana hubungan persiapan kuliah dengan prestasi belajar mahasiswa semester 2 dan 4 Geografi FIS UNNES dan (2) Bagaimana kontribusi persiapan kuliah terhadap prestasi belajar mahasiswa semester2 dan 4 Geografi FIS UNNES. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menambah ilmu pengetahuan tentang hubungan persiapan kuliah terhadap prestasi belajar mahasiswa khusus mahasiswa Geografi dan (2) Untuk mengembangkan wawasan, menambah pengalaman, dan memperluas pengetahuan dalam melakukan kegiatan pendidikan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 2 dan 4 Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Semarang dengan jumlah 196 mahasiswa. Sampel penelitian adalah 20 % dari populasi yang diambil dengan tehnik Stratified Proposional Random Sampling, dan dengan mengambil 20 % dari masing-masing tingkatan berdasarkan prodi dan semesternya, yaitu : Prodi geografi semester 2, prodi geografi semester 4, prodi survai dan pemetaan wilayah semester 2, prodi pendidikan geografi semester 2, prodi pendidikan geografi semester 4, prodi pemetaan wilayah semester 4. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data dengan deskriptif presentase, rumus korelasi product moment, dan rumus sumbangan relative (SR %) dan sumbangan efektif (SE %) Hasil penelitian tingkat persiapan kuliah rata-rata mahasiswa semester 2 dan 4 adalah baik, berarti bahwa berdasarkan perhitungan deskriptif presentase indicator-indikator persiapan kuliah didapatkan rata-rata nilai baik. Ditinjau dari prestasi belajar terlihat nilai akhir semester yang rata-rata baik. Sedangkan dari perhitungan korelasi produk moment diperoleh nilai r ternyata lebih dari r table dengan signifikansi 1 % artinya menunjukan ada hubungan yang signifikan antara persiapan kuliah dengan prestasi belajar mahasiswa semester 2 dan 4 Jurusan Geogafi FIS Universitas Negeri Semarang. Selain itu berdasarkan perhitungan kontribusi masing-masing indikator persipan kuliah didapatkan hasil untuk sumbangan relatif persiapan fisik dan kondisi kuliah sangat kecil berarati tidak mempuntai pengaruh sumbangan yang signifikan. Sumbangan realatif terbesar adalah persiapan non-fisik berarti bahwa prestasi belajar mahasiswa yang baik sekarang ini karena sumbangan indikator persiapan non-fisik yang besar. Sumbangan efektif persiapan kuliah dan kondisi kuliah mempunyai nilai yang sangat kecil yang artinya bahwa 2 indikator tersebut dapat diabaikan dalam sumbangan terhadap prestasi belajar. Sumbangan efektif terbesar adalah persiapan non-fisik berarti bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Jurusan geografi FIS Univesitas Negeri Semarang yang sangat potensial adalah persiapan non-fisik. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa tingkat persiapan kuliah rata-rata mahasiswa semester 2 dan 4 adalah baik. Prestasi belajar terlihat nilai akhir semester ratarata baik. Ada hubungan yang signifikan antara persiapan kuliah dengan prestasi belajar mahasiswa semester 2 dan 4 Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang. Sumbangan relatif persiapan fisik sebesar 6,96 %, sumbangan relatif persiapan non-fisik sebesar 83,49 % dan sumbangan relatif kondisi kuliah yaitu 9,55 %. Untuk sumbangan efektif persiapan fisik sebesar 3,48 %, sumbangan efektif persiapan non-fisik sebesar 41,74 % dan sumbangan efektif kondisi kuliah yaitu 4,78 %. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar mahasiswa Geografi semester 2 dan 4 hendaklah dapat meningkatkan persiapan kuliah khusus dalam hal persiapan non-fisik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persiapan kuliah dan kontribusinya
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2011 02:08
Last Modified: 25 Apr 2015 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item