PEMBUATAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN


Syaiful Ahyari , 5101413005 (2019) PEMBUATAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBUATAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN ] PDF (PEMBUATAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN ) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara peserta didik, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi pembelajaran yang ada dalam kurikulum yang dituangkan oleh pengajar atau fasilitator atau sumber lain ke dalam simbol-simbol komunikasi, baik simbol verbal maupun simbol non verbal atau visual. Pemilihan media pun berperan dalam proses pembelajaran guna menggiring siswa untuk tetap tertarik terhadap materi yang akan disampaikan.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan job sheet pembelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior grdung Siswa SMK Negeri 3 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan kuasi eksperimen. (Sugiyono, 2009: 116). Hal ini senada dengan apa yang dikatakan Margono (2004: 112) bahwa “penelitian ini memberikan kesempatan untuk meneliti perlakuan-perlakuan di dalam kelompok yang tidak ditempatkan dengan sengaja, melainkan secara alami”. Hasil analisis statistik deskriptif presentase menunjukkan bahwa modul dinyatakan layak digunakan sebagai media atau bahan ajar penunjang teori di dalam kelas maupun di laboratorium dengan tingkat presentase yang dilakukan kepada 4 dosen ahli. Untuk 2 ahli materi secara keseluruhan menyatakan sangat baik dengan presentase 91,67% dan 2 ahli media menyatakan baik dengan presentase 78,13%. Sedangkan untuk hasil uji coba persepsi kepada 34 siswa secara keseluruhan menyatakan sangat baik dengan presentase 81,13%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Job sheet Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung layak digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran kegiatan praktik di laboratorium SMK Negeri 3 Semarang berdasarkan karakteristik job sheet pembelajaran. Saran, adapun keterbatasan yang ada dalam Job sheet Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung ini sebaiknya diperbaiki dan dikembangkan lagi pada penelitian selanjutnya dengan model penerapan Job sheet pada pembelajaran kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekonomis, Aplikasi Perangkat Lunak, Job sheet, eksperimen, kuantitatif, deskriptif presentase
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 04 May 2020 15:29
Last Modified: 04 May 2020 15:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36099

Actions (login required)

View Item View Item