PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA MELALUI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 se-Kota Semarang)


Leni Saraswari , 7101415194 (2019) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA MELALUI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 se-Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA MELALUI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 se-Kota Semarang)]
Preview
PDF (PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA MELALUI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 se-Kota Semarang)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif adalah suatu perilaku yang tidak lagi didasarkan pertimbangan yang rasional, melainkan karena adanya keinginan dan apabila dibiarkan akan mengakibatkan inflasi dan kesenjangan sosial. Berdasarkan pengamatan penulis, mahasiswa lebih sering belanja online membeli barang fashion dibandingkan mengeluarkan uangnya untuk keperluan kuliah.. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua, locus of control internal, teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa melalui literasi keuangan sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 se-Kota Semarang yang berjumlah 426 mahasiswa. Ukuran sampel penelitian diambil menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% sehingga didapat jumlah sampel penelitian sejumlah 206 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa perilaku konsumtif mahasiswa cukup konsumtif. Status sosial ekonomi orang tua dan teman sebaya dalam kategori sedang, locus of control internal dan literasi keuangan dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif, Locus of control internal tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Status sosial ekonomi orang tua dan teman sebaya tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan, locus of control internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan. Literasi keuangan mampu memediasi pengaruh locus of control internal terhadap perilaku konsumtif namun tidak bisa memediasi pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan teman sebaya. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orang tua, teman sebaya dan literasi keuangan dan literasi keuangan hanya mampu memediasi pengaruh locus of control internal terhadap perilaku konsumtif. Saran yang diberikan yaitu mahasiswa tidak boleh meniru perilaku teman sebaya yang negatif dan apabila mahasiswa mempunyai uang yang cukup, lebih baik menabung uang tersebut atau menggunakan uang tersebut untuk berinvestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Locus of Control Internal, Teman Sebaya, Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2020 15:30
Last Modified: 28 Apr 2020 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36012

Actions (login required)

View Item View Item