Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas 1 SMKN 5 Semarang tahun ajaran 2008-2009


Imbang Pratikno, 5101402012 (2009) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas 1 SMKN 5 Semarang tahun ajaran 2008-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas 1 SMKN 5 Semarang tahun ajaran 2008-2009]
Preview
PDF (Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas 1 SMKN 5 Semarang tahun ajaran 2008-2009) - Published Version
Download (763kB) | Preview

Abstract

Kesulitan ekonomi menjadikan orang tua harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarga, hal ini mengakibatkan orang tua tersibukkan dengan aktifitas bekerja sehingga melupakan akan kodratnya sebagai orang tua, dalam hal ini adalah bimbingan dan perhatian bagi anak-anaknya. Bimbingan, perhatian dan kasih sayang yang seharusnya diberikan pada anak sedikit berkurang sehingga perilaku belajar anak kurang benar, yang mengakibatkan prestasi belajar siswa tidak sesuai dengan yang di harapkan. Prestasi belajaryang baik merupakan impian setiap manusia yang sedang dalam tahap belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahahui apakah ada hubungan antara perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengambar teknik kelas 1 SMK N 5 Semarang dan mengetahui seberapa besar pengaruh kepedulian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengambar teknik kelas 1 SMK N 5 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 1 SMK Negeri 5 Semarang program keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 68 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik sampling jenuh yaitu mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi dan angket. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh Fhitung = 47,614 > Ftabel = 3,153. Karena nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel maka data yang diperoleh tersebut signifikan sehingga hipotesis yang diuji dalam penelitian ini yaitu “Ada pengaruh antara perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran menggambar teknik siswa kelas 1 SMKN 5 Semarang tahun ajaran 2008/2009”diterima.Dan besarnya pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar menggambar teknik sebesar 61,7%. Saran yang diajukan kepada orang tua siswa kelas 1 SMK N 5 Semarang Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan hendaknya senantiasa memperhatikan anaknya baik itu berupa pemberian sarana-prasarana belajar, bimbingan dan pengarahan serta motifasi agar memperoleh prestasi yang optimal. Kepada siswa perlu menumbuhkan minat belajar yang ada pada dirinya melalui kegiatan koreksi diri bahwa belajar saat ini merupakan tugas yang harus mereka laksanakan dengan sebaik-baiknya sebagai bekal dalam menjalani kehidupan pada masa-masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orang tua, minat belajar , prestasi belajar, menggambar teknik.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Mar 2011 01:45
Last Modified: 25 Apr 2015 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item