KEEFEKTIFAN MODEL CTL BERBANTUAN MEDIA LILIN DINGIN TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBATIK SISWA KELAS V SD GUGUS SUPRIYADI SEMARANG


Fitri Widya Ningrum, 1401415145 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL CTL BERBANTUAN MEDIA LILIN DINGIN TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBATIK SISWA KELAS V SD GUGUS SUPRIYADI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL CTL BERBANTUAN MEDIA LILIN DINGIN TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBATIK SISWA KELAS V SD GUGUS SUPRIYADI SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL CTL BERBANTUAN MEDIA LILIN DINGIN TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBATIK SISWA KELAS V SD GUGUS SUPRIYADI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Batik merupakan salah warisan bangsa Indonesia yang dikagumi oleh masyarakat dunia. Pada abad 19 batik mulai berkembang dan menetap di Jawa, namun seiring berangsurnya waktu, batik mulai menyebar ke berbagai daerah di Indonesia bahkan ke Mancanegara. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, serta data dokumen hasil belajar siswa kelas V SD Gugus Supriyadi Semarang didapat bahwa hasil belajar membatik kurang maksimal dikarenakan pembelajaran belum menggunakan media yang kurang praktis, yaitu canting dan lilin panas, guru cenderung menggunakan model yang membuat siswa pasif, sehingga perlu penerapan model CTL. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model CTL berbantuan media lilin dingin terhadap hasil belajar membatik dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran membatik. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Supriyadi Semarang, sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V SDN Kalicari 03 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Kalicari 01 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji n-gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CTL berbantuan media lilin dingin efektif digunakan pada pembelajaran membatik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung yaitu 5,591 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,998 yang berarti model pembelajaran CTL berbantuan media lilin dingin efektif terhadap hasil belajar membatik. Hasil uji n-gain untuk kelas kontrol sebesar 0,2912 yang menunjukkan peningkatan pada taraf rendah, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,5419 yang menunjukkan peningkatan pada taraf sedang. Simpulan penelitian ini yaitu model CTL berbantuan media lilin dingin efektif digunakan pada pembelajaran membatik dan meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian adalah guru perlu mengontrol waktu ketika pelaksanaan proses membatik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; membatik; keefektifan; Contextual Teaching and Learning.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2020 17:48
Last Modified: 15 Oct 2020 07:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35969

Actions (login required)

View Item View Item