PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KECEMASAN PRESENTASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 WURYANTORO KABUPATEN WONOGIRI


Arya Firmanu Jendra , 1301415003 (2019) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KECEMASAN PRESENTASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 WURYANTORO KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KECEMASAN PRESENTASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 WURYANTORO KABUPATEN WONOGIRI]
Preview
PDF (PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KECEMASAN PRESENTASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 WURYANTORO KABUPATEN WONOGIRI) - Published Version
Download (556kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena kecemasan presentasi dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kecemasan presentasi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI berjumlah 286 siswa dengan sampel 160 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri dengan reliabilitas 0,917 dan skala kecemasan presentasi dengan reliabilitas 0,854. Hasil analisis deskriptif menunjukkan : (1) tingkat efikasi diri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wuryantoro berada pada kategori tinggi; (2) tingkat kecemasan presentasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wuryantoro berada pada kategori rendah; dan (3) hasil analisis statistik menunjukkan (r = -636; p = 0,000) berarti terdapat hubungan negatif variabel efikasi diri dengan kecemasan presentasi dan (R Square =.091), artinya bahwa variabel efikasi diri berpengaruh terhadap variabel kecemasan presentasi sebesar 9,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa efikasi diri tidak berpengaruh signifikan terhadap munculnya kecemasan presentasi pada peserta didik. Dengan penelitian ini harapannya guru bimbingan dan konseling dapat memberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan kognitif yang bertujuan agar kondisi emosi peserta didik lebih stabil sehingga tidak mengganggu dalam kegiatan presentasi di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Kecemasan Presentasi, Siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2020 17:03
Last Modified: 23 Apr 2020 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35962

Actions (login required)

View Item View Item