PENGARUH PERSEPSI INTERPERSONAL, KONSEP DIRI, ATRAKSI INTERPERSONAL, DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 DEMAK


Endang Purwaningsih , 7101415133 (2019) PENGARUH PERSEPSI INTERPERSONAL, KONSEP DIRI, ATRAKSI INTERPERSONAL, DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI INTERPERSONAL, KONSEP DIRI, ATRAKSI INTERPERSONAL, DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 DEMAK]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI INTERPERSONAL, KONSEP DIRI, ATRAKSI INTERPERSONAL, DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 DEMAK) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal memiliki peran penting sebagai bentuk komunikasi yang paling lengkap dan sempurna yang digunakan oleh siswa dan guru. Siswa yang memiliki komunikasi interpersonal yang baik akan memiliki interaksi yang baik pula. Berdasarkan observasi awal dengan siswa dan guru Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran masih ditemukan masalah mengenai komunikasi interpersonal siswa. Hal ini tampak pada gejala-gelaja seperti kurangnya kemampuan dalam berbicara, sulitnya membuka komunikasi dengan orang lain, kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan kurang memiliki empati terhadap guru. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi interpersonal, konsep diri, atraksi interpersonal, dan hubungan interpersonal terhadap komunikasi interpersonal siswa Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Demak yang berjumlah 321 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 178 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, kuesioner, observasi, dan wawancara. Metode analisis data penelitian ini menggunakan bantuan IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil analisis regresi menunjukkan persamaan garis regresi linier berganda yaitu Y = 18,061 + 0,659X1 + 0,621X2 + 0,100X3 + 0,184X4 + e. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh secara simultan persepsi interpersonal, konsep diri, atraksi interpersonal, dan hubungan interpersonal terhadap komunikasi interpersonal siswa. Persepsi interpersonal, konsep diri, dan hubungan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap komunikasi interpersonal siswa, dan atraksi interpersonal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap komunikasi interpersonal siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan komunikasi interpersonal siswa dapat dicapai melalui peningkatan persepsi interpersonal, konsep diri, atraksi interpersonal dan hubungan interpersonal. Saran dari penelitian ini adalah (1) pemberian tugas dan kegiatan praktik secara individu; (2) menanamkan sikap berani melalui diskusi internal di kelas; (3) pemberian layanan informasi BK; (4) usaha siswa untuk mengobservasi, mencari informasi dan berinteraksi secara langsung dengan guru; (5) siswa lebih meningkatkan sikap menerima, empati, kejujuran dan keterbukaan dengan guru; dan (6) penyesuaian perbedaan karakteristik personal dan melakukan pendekatan ketika berada di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Interpersonal, Konsep Diri, Atraksi Interpersonal, Hubungan Interpersonal, Komunikasi Interpersonal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Apr 2020 13:33
Last Modified: 23 Apr 2020 13:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35947

Actions (login required)

View Item View Item