PENGARUH SELF EFFICACY, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DENGAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Demak Tahun Ajaran 2018/2019)
Sofiati Febriani , 7101415132 (2019) PENGARUH SELF EFFICACY, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DENGAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Demak Tahun Ajaran 2018/2019). Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH SELF EFFICACY, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DENGAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Demak Tahun Ajaran 20)
- Published Version
Download (587kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah cara yang paling optimal untuk menciptakan generasi yang berkualitas. Semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin baik kualitas suatu generasi. Berdasarkan obervasi awal di SMA Negeri 2 Demak, data menunjukkan bahwa lulusan SMA Negeri 2 Demak yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis dan mendeskripsikan sosial ekonomi keluarga memoderasi secara signifikan pengaruh self efficacy, lingkungan teman sebaya dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jenis penelitian kuantitatif dan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Demak tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 191 siswa. Ukuran sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga jumlah sampel adalah 130 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan daftar kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sosial ekonomi keluarga memoderasi secara signifikan pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, namun tidak dapat memoderasi secara signifikan pengaruh self efficacy dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, upaya untuk meningkatkan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yaitu siswa disarankan untuk memilih lingkungan teman sebaya yang baik. Guru, kepala sekolah, karyawan sekolah dan siswa disarankan untuk terus meningkatkan interaksi yang baik. Sosial ekonomi keluarga diharapkan tidak menurunkan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan model penelitian dengan menggunakan lingkungan teman sebaya sebagai variabel moderating.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Efficacy, Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Sekolah, Sosial Ekonomi Keluarga, Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 13:30 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 13:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35946 |
Actions (login required)
View Item |