PENGARUH SIKAP KEUANGAN DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI MELALUI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Dempet Tahun Pelajaran 2018/2019)


Rizka Wahida , 7101415107 (2019) PENGARUH SIKAP KEUANGAN DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI MELALUI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Dempet Tahun Pelajaran 2018/2019). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH SIKAP KEUANGAN DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI MELALUI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Dempet Tahun Pelajaran 2018/2019)]
Preview
PDF (PENGARUH SIKAP KEUANGAN DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI MELALUI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Dempet Tahun Pelajaran 2018/2019)) - Published Version
Download (579kB) | Preview

Abstract

Menerapkan perilaku pengelolaan keuangan pribadi dengan baik dan benar bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Hasil observasi awal yang dilakukan terhadap siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dempet menunjukkan hasil bahwa sebagian besar siswa tidak bisa mengelola keuangan mereka dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan lebih banyak siswa yang mengalami defisit uang saku dibanding dengan yang seimbang dan surplus. Siswa lebih banyak menghabiskan uang untuk bersenang-senang daripada memenuhi kebutuhan penunjang untuk sekolah dan investasi masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh sikap keuangan, pengendalian diri dan literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan pribadi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dempet berjumlah 168 siswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 119 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple proportional sampling dengan sistem undian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan SEM-PLS. Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel perilaku pengelolaan keuangan pribadi termasuk dalam kategori baik, sikap keuangan dalam kategori cukup baik, pengendalian diri dalam kategori baik dan literasi keuangan dalam kategori baik. Serta hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung sikap keuangan, pengendalian diri dan literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan pribadi. Serta ditemukan hasil terdapat pengaruh tidak langsung melalui literasi keuangan pada variabel sikap keuangan dan pengendalian diri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa ada pengaruh langsung sikap keuangan, pengendalian diri dan literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan pribadi. Serta ada pengaruh tidak langsung melalui literasi keuangan. Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah siswa sebaiknya dalan melakukan pembelian lebih kepada kebutuhan bukan keinginan, melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran pendapatan serta menerapkan perencanaan keuangan untuk masa kini dan masa depan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap Keuangan, Pengendalian Diri, Perilaku Pengeluaran, Literasi Keuangan, Perilaku Pengelolaan Keuangan Pribadi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 17:07
Last Modified: 22 Apr 2020 17:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35918

Actions (login required)

View Item View Item