PENGARUH TEMAN SEBAYA, PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA JURUSAN IPS DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG


Indri Marliana Sulistyawati , 7101415079 (2019) PENGARUH TEMAN SEBAYA, PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA JURUSAN IPS DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH TEMAN SEBAYA, PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA JURUSAN IPS DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH TEMAN SEBAYA, PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA JURUSAN IPS DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG) - Published Version
Download (841kB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu tindakan mengkonsumsi barang dan jasa tidak berdasarkan kebutuhan tetapi untuk keinginan dan kepuasan semata. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan perilaku konsumtif pada siswa Jurusan IPS di SMA Kesatrian 1 Semarang tergolong tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teman sebaya, penggunaan media sosial, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa Jurusan IPS di SMA Kesatrian 1 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI jurusan IPS di SMA Kesatrian 1 Semarang dengan populasi 237 siswa dan kemudian diambil sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh 149 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deksriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada pengaruh yang signifikan antara teman sebaya, penggunaan media sosial, dan literasi ekonomi secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif sebesar 70,9%. (2) teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif sebesar 9,06%. (3) penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif sebesar 51,26%. (4) literasi ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif sebesar 2,92%. Adapun hasil persamaan regresi Y = 7,611 + 0,288 X1 + 0,879 X2 – 0,049 X3. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi siswa agar terus belajar mengatur keuangan dan menerapkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan membuat skala prioritas untuk memilih kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, dan menggunakan media sosial secara bijak untuk mencegah terjadinya perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Sosial, Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumtif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 14:05
Last Modified: 22 Apr 2020 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35909

Actions (login required)

View Item View Item