PENGARUH PRESTASI AKADEMIK DAN KEAKTIFAN ORGANISASI INTRA KAMPUS TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU AKUNTANSI DENGAN SOFT SKILLS DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)


Dellavita Supriyatin , 7101415072 (2019) PENGARUH PRESTASI AKADEMIK DAN KEAKTIFAN ORGANISASI INTRA KAMPUS TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU AKUNTANSI DENGAN SOFT SKILLS DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PRESTASI AKADEMIK DAN KEAKTIFAN ORGANISASI INTRA KAMPUS TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU AKUNTANSI DENGAN SOFT SKILLS DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Univer]
Preview
PDF (PENGARUH PRESTASI AKADEMIK DAN KEAKTIFAN ORGANISASI INTRA KAMPUS TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU AKUNTANSI DENGAN SOFT SKILLS DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Univer) - Published Version
Download (754kB) | Preview

Abstract

Kesiapan menjadi guru akuntansi adalah kesiapan seseorang yang telah memiliki bekal yang cukup untuk melaksanakan pengajaran dengan segala kompetensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari prestasi akademik, keaktifan organisasi intra kampus, soft skills, dan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi. Populasi penelitian ini adalah 159 mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Ukuran sampel yang diambil menggunakan rumus slovin pada standar error 5% sebanyak 113 mahasiswa dengan google form. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi, dan uji sobel Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh soft skills dan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi. Sementara itu prestasi akademik dan keaktifan organisasi intra kampus tidak berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi. Selanjutnya, peran soft skills dan praktik pengalaman lapangan dalam memediasi prestasi akademik dan keaktifan organisasi terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi bersifat partial mediation dan full mediation. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi akademik dan keaktifan organisasi intra kampus tidak berpengaruh secara langsung terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi. Sedangkan soft skills tidak mampu memediasi pengaruh prestasi akademik terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi, namun dapat memediasi pengaruh keaktifan organisasi intra kampus terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi. Praktik pengalaman lapangan dapat memediasi pengaruh prestasi akademik terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi, namun tidak mampu memediasi pengaruh keaktifan organisasi intra kampus terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi. Saran yang dapat diberikan antara lain, mahasiswa dapat mengembangkan soft skills yang dimiliki seperti keterampilan berkomunikasi dan mampu berfikir logis, serta dapat bersungguh-sungguh dalam melaksanakan praktik pengalaman lapangan sehingga dapat meningkatkan kesiapan menjadi guru akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Akademik, Keaktifan Organisasi Intra Kampus, Soft Skills, Praktik Pengalaman Lapangan, Kesiapan menjadi Guru Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 13:54
Last Modified: 22 Apr 2020 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35907

Actions (login required)

View Item View Item