PENGARUH KETERAMPILAN PENGELOLAAN ARSIP, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TATA USAHA DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN
Agustina Maharani, 7101415071 (2019) PENGARUH KETERAMPILAN PENGELOLAAN ARSIP, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TATA USAHA DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH KETERAMPILAN PENGELOLAAN ARSIP, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TATA USAHA DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN)
- Published Version
Download (881kB) | Preview |
Abstract
Pelayanan yang baik yaitu pelayanan yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat dan tepat. Permasalahan dalam penelitian ini diketahui bahwa kualitas pelayanan di tata usaha di SMK Widya Praja Ungaran belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari keluhan siswa yang mengatakan masih sering terjadi kesalahan dalam melaksanakan tugas pelayanan, serta pegawai masih sering menyelesaikan hasil permohonan berkas melebihi batas waktu yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh keterampilan pengelolaan arsip, komunikasi interpersonal, pemanfaatan teknologi informasi, dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan tata usaha di SMK Widya Praja Ungaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, XII dan jumlah sampel 182 siswa yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan proporsional random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan deskriptif persentase. Hasil penelitian data diperoleh persamaaan regresi linear berganda yang selanjutnya disingkat dengan KP = 5,786 + 0,061KPA + 0,197KI+ 0,225PTI + 0,747BO + e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel keterampilan pengelolaan arsip, komunikasi interpersonal, pemanfaatan teknologi informasi, dan budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan sebesar 57,1%. Variabel dengan pengaruh terbesar adalah budaya organisasi dengan pengaruh sebesar 21,34%, sedangkan variabel keterampilan pengelolaan arsip sebesar 0,17%, variabel komunikasi interpersonal sebesar 2,40% dan variabel pemanfaatan teknologi informasi sebesar 2,56%. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kualitas pelayanan dapat dicapai dengan meningkatkan komunikasi interpersonal, pemanfaatan teknologi informasi, dan budaya organisasi pada tata usaha di SMK Widya Praja Ungaran. Saran dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan tanggapan dan empati terhadap siswa (2) memperbarui website secara periodik setiap minggu serta mengganti tampilan home page (3) Membuat kotak saran untuk menampung aspirasi dari siswa, dan perlu adanya katru puas dan tidak puas, sehingga pegawai tata usaha tahu apa yang dirasakan oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Pengelolaan Arsip, Komunikasi Interpersonal, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Apr 2020 13:49 |
Last Modified: | 22 Apr 2020 13:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35906 |
Actions (login required)
View Item |