PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, PEMANFAATAN INTERNET DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA / MA Negeri di Kecamatan Majenang)


Widiana Rosalina , 7101415068 (2019) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, PEMANFAATAN INTERNET DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA / MA Negeri di Kecamatan Majenang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, PEMANFAATAN INTERNET DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA / MA Negeri di Kecamatan Majenang)]
Preview
PDF (PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, PEMANFAATAN INTERNET DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA / MA Negeri di Kecamatan Majenang)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting dalam proses peningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sekolah sebagai lembaga formal memegang peranan penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, baik atau tidaknya kualitas dari sumber daya manusia yang ada di sekolah dapat ditunjukan dengan prestasi belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, pemanfaatan internet dan perhatian orang tua dengan kecerdasan emosional sebagai variabel moderasi terhadap prestasi belajar, studi kasus pada kelas XI IPS SMA/MA Negeri di Kecamatan Majenang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA/MA Negeri di Kecamatan Majenang, yang terdiri dari SMA Negeri 1 Majenang dan MA Negeri 2 Cilacap. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Slovin. Sampel yang digunakan dengan tingkat kepercayaan 95% adalah 193 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data penelitian adalah dokumentasi dan kuisioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis desriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa prestasi belajar siswa belum optimal, disiplin belajar, pemanfaatan internet, perhatian orang tua dan kecerdasan emosional dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa (1) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar; (2) pemanfaatan internet berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar; (3) perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar; (4) kecerdasan emosional tidak memoderasi signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar; (5) kecerdasan emosional memoderasi signifikan pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar; (6) kecerdasan emosional tidak memoderasi signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar dan perhatian orang tua memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, akan tetapi pemanfaatan internet tidak memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar dan kecerdasan emosional tidak mampu memoderasi pengaruh terhadap disiplin belajar dan perhatian orang tua. Saran dari penelitian ini diharapkan siswa dapat menggunakan internet sebagai penunjang kegiatan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar serta dapat menggunakan dengan baik kecerdasan emosionalnya agar dapat berguna sebagai pengontrol emosi dri dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Pemanfaatan Internet, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar, Kecerdasan Emosional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 13:41
Last Modified: 22 Apr 2020 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35904

Actions (login required)

View Item View Item