EFEKTIFITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GNOMIO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 TEMANGGUNG


Devi Lisa Khoiriyah , 7101415037 (2019) EFEKTIFITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GNOMIO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIFITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GNOMIO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 TEMANGGUNG]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GNOMIO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 TEMANGGUNG) - Published Version
Download (671kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran discovery learning berbantuan gnomio dipilih sebagai model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran kritis pada pelajaran ekonomi karena model tersebut sesuai dengan kurikulum 2013 sekaligus memanfaatkan internet dengan media gnomio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model discovery learning berbantuan gnomio terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran Ekonomi kelas XI IPS materi Pajak pada SMAN 2 Temanggung. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kela XI IPS SMAN 2 Temanggung. Sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, sesuai dengan syarat-syarat purposive kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji T berpasangan. Hasil analisis deskriptif pretest diperoleh bahwa belum ada 75% siswa dikelas yang mencapai nilai KKM dan hasil posttest menunjukan bahwa sudah 75% siswa dikelas mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning berbantuan gnomio mampu meningkatkan nilai rata-rata siswa, meningkatkan proporsi ketuntasan, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siwa pada kategori rendah yaitu 0,29. Simpulan penelitian model discovery learning berbantuan gnomio mampu meningkatkan nilai KKM dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas XI IPS pada pelajaran ekonomi materi perpajakan meskipun peningkatanya rendah. Saran yang diberikan adalah guru diharapkan melakukan pembiasaan kepada siswa menggunakan model discovery learning berbantuan gnomio sehingga model ini dapat diterapkan secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Discoovery Learning, Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 Apr 2020 15:39
Last Modified: 21 Apr 2020 15:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35873

Actions (login required)

View Item View Item