PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MATERI DONGENG DI KELAS II SEKOLAH DASAR


Dina Ayu Ratnasari , 2601415012 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MATERI DONGENG DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MATERI DONGENG DI KELAS II SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MATERI DONGENG DI KELAS II SEKOLAH DASAR) - Published Version
Download (555kB) | Preview

Abstract

Memahami dan menceritakan kembali dongeng fabel merupakan salah satu kompetensi dasar dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas 2 sekolah dasar, saat ini walaupun banyak siswa yang antusias saat guru menceritakan dongeng fabel, namun siswa masih kesulitan dalam memahami dan menceritakan kembali isi dongeng fabel. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media untuk materi dongeng fabel bahasa Jawa untuk memudahkan siswa mempelajari materi tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah pada penelitian ini adalah, 1) bagaimana analisis kebutuhan terhadap pengembangan media kartu bergambar pembelajaran Bahasa Jawa materi Fabel atau cerita binatang untuk kelas II Sekolah Dasar, 2) bagaimana prototipe pengembangan media kartu bergambar dalam Pembelajaran Bahasa Jawa materi dongeng fabel atau cerita binatang untuk kelas II Sekolah Dasar, dan 3) bagaimana kualitas kelayakan media kartu bergambar dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi dongeng fable atau cerita binatang untuk kelas II Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan media dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran kartu bergambar. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dilakukan secara terbatas. Data pada penelitian berupa data analisis kebutuhan media pembelajaran kartu bergambar kepada guru, serta data analisis uji validasi ahli. Sumber data penelitian ini adalah guru, ahli media, dan ahli materi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dibutuhkan media pembelajaran untuk memahami dogeng fabel dan membantu siswa bisa menceritakan kembali cerita dongeng fabel tersebut. Berdasarkan analisis kebutuhan media oleh guru, diketahui bahwa dibutuhkan media yang berupa media visual, berbasis permainan, sederhana, dan mudah digunakan, dan media yang bisa berinteraksi langsung kepada siswa. Adapun perbaikan yang diperoleh dari uji validasi ahli antara lain, 1) ukuran kartu dibuat lebih besar, 2) penambahan kecerahan atau brightness pada kartu, 3) penggantian bahan kartu menjadi lebih tebal. Saran dari penelitian ini di antaranya sebagai berikut,1) guru sebaiknya memanfaatkan dan menerapkan media kartu bergambar gladhen ndongeng dalam pembelajaran, 2) siswa sebaiknya menggunakan media pembelajaran kartuviii bergambar gladhen ndongeng, media ini dapat membantu siswa memahami isi cerita dongeng fabel, 3) perlu diadakan penelitian lanjutan yang membuat beberapa set kartu cerita dongeng fabel berbahasa Jawa lainnya, supaya dongeng fabel yang disuguhkan bisa bervariasi, 4) perlu adanya penelitian untuk menguji keefektifan media pembelajaran kartu bergambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, dongeng fabel, kartu bergambar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Apr 2020 23:39
Last Modified: 20 Apr 2020 23:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35857

Actions (login required)

View Item View Item